Sepakati 7 Nilai Dasar, Suporter Tuntut Hak Bicara di Kongres PSSI

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 02 Oktober 2023
Sepakati 7 Nilai Dasar, Suporter Tuntut Hak Bicara di Kongres PSSI
Erick Thohir hadir dalam simposium Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Simposium yang digelar Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia atau PN-SSI di Jakarta menghasilkan lima kesepakatan yang menjadi nilai dasar dan pedoman bagi para suporter di Tanah Air.

Kelima kesepakatan itu di antaranya adalah Unity, Identity, Humanity, Respect, dan Creativity. Dalam penjelasannya, poin Unity memiliki arti bahwa sepak bola menyatukan suporter dari segala unsur perbedaan suku, agama, dan status sosial.

Kemudian terkait Identity, setiap suporter wajib beridentitas dalam artian kelompok atau organisasinya berbadan hukum maupun memiliki identitas keanggotaan.

Para suporter juga harus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan (Humanity), mengedepankan Respect di mana mereka harus saling menghormati antarsuporter baik di dalam maupun di luar stadion dalam mendukung tim kebanggaan masing-masing dan tidak menyerang simbol-simbol klub maupun organisasi suporter baik dalam bentuk gambar, nyanyian, dan tulisan.

"Creativity: Suporter harus berkreasi dan inovatif secara positif dalam mendukung tim kebanggaan baik di dalam maupun di luar stadion."

Baca Juga:

Terima Rekomendasi Suporter, Erick Thohir Bakal Bawa ke Exco PSSI

Satu Tahun Tragedi Kanjuruhan, Erick Thohir Pertegas Komitmen soal Transformasi Sepak Bola

Kelima poin kesepakatan itu pun diserahkan langsung oleh Ketua PN-SSI Uki Nugraha atau Daeng Uki kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Minggu (1/10).

Selain lima poin kesepakatan, simposium juga menghasilkan 7 hak atau rekomendasi suporter untuk PSSI. Nantinya rekomendasi itu bakal diteruskan Erick Thohir ke Komite Eksekutif (Exco) dan klub-klub.

"Ada poin-poin yang nanti akan kita sampaikan kepada Exco dan supaya ini juga bisa kita dorong kesepakatan-kesepakatan ini kita lakukan transformasi untuk suporter sepak bola Indonesia dan saya rasa ini komitmen. Terima kasih suporter percaya transformasi karena ini kita sama-sama jaga diri kita, yang jelas kita cinta sepak bola Indonesia," kata Erick Thohir kepada awak media.

"Kita sama-sama bangun, ya. Jangan sendiri-sendiri membangun. Supaya kita bisa transformasi sepak bola Indonesia," ujarnya menambahkan.

Berikut Hak-hak suporter yang harus diperhatikan oleh PSSI:

1. Keamanan dan kenyamanan

2. Potongan atau perbedaan harga tiket dengan penonton umum dan suporter

3. Distribusi tiket harus mengutamakan dan memudahkan komunitas suporter yang sudah berbadan hukum

4. Klub harus membantu menyiapkan ruangan untuk komunitas suporter menyimpan alat-alat atau perlengkapan kreatifitas di area stadion yang menjadi homebase masing-masing klub

5. Setiap pembelian tiket pertandingan sudah termasuk Asuransi

6. Klub harus membantu pemberdayaan ekonomi dan kreatifitas suporter

7. Suporter harus memiliki hak bicara pada saat kongres PSSI

Dalam rangka transformasi sepak bola Indonesia, PNSSI juga akan membentuk badan hukum komunitas suporter pada 10 November, melaksanakan kongres tahunan pada 22 Februari 2024 dan workshop suporter Liga 1 dan Liga 2.

Pssi Erick thohir Suporter Liga 1 Liga 2 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.354

Bagikan