Senang Turut Dipantau Presiden Jokowi, Bima Sakti Bicara soal Seleksi Timnas U-17 di Bandung

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 12 Juli 2023
Senang Turut Dipantau Presiden Jokowi, Bima Sakti Bicara soal Seleksi Timnas U-17 di Bandung
Presiden Jokowi di tengah-tengah peserta seleksi Timnas U-17. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti bersyukur. Pasalnya, proses seleksi pemain untuk pembentukan skuat Piala Dunia U-17 2023 dipantau secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (12/7).

Orang nomor satu di Indonesia itu datang ditemani Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menpora RI Dito Aryotedjo, dan Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono sekaligus meninjau kesiapan Stadion si Jalak Harupat yang dipilih sebagai salah satu venue pertandingan di Piala Dunia U-17 2023.

"Alhamdulillah seleksi pertama di 10 Kota ini diawali di Bandung dan kita bersyukur mendapat perhatian dari Presiden, dan kita bekerja sama dengan klub Persib dan dibantu Asprov Jabar," ungkap Bima Sakti.

Bima Sakti mengaku mendapatkan bantuan dari pelatih timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 yang belakangan ditunjuk menangani timnas U-20, Indra Sjafri dalam menjaring para pemain berbakat yang dibutuhkan untuk membela timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 itu.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Pantau Kesiapan Stadion si Jalak Harupat untuk Piala Dunia U-17 2023

Persib Bandung Vs Dewa United FC, Luis Milla Bicara Sosok Ricky Kambuaya


"Jadi kami di sini memberi kesempatan seluruh anak muda usia kelahiran 2006-2007 untuk diseleksi timnas U-17 persiapan World cup bulan November nanti. Ini dari Sabang sampai Merauke, tapi ini 10 Kota yang akan kunjungi dan kita akan memilih pemain yang terbaik sesuai dengan kriteria yang sudah kami tentukan," katanya.

Total saat ini, lanjutnya, sebanyak 187 pemain ikut serta. Yang terdiri dari pemain Akademi, pemain Popda (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) yang berasal dari Jawa Barat.

"Memang kita jumlahnya harus selektif, jadi jumlah mereka sudah tidak banyak, karena kita waktunya juga dan kita juga sudah ada kerangka tim dan ini beri kesempatan lagi di luar pemain-pemain yang ada untuk kita seleksi," tuturnya.

Namun, dia belum bisa menentukan jumlah pemain yang akan diboyong untuk bisa memperkuat timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 nanti. Menurutnya, banyak penilaian untuk bisa memperkuat timnya.

"Kita inginnya lihat kualitas, tergantung kualitas, tergantung nanti kebutuhan di tim kami juga dan ya kan kita sudah mengirimkan standarisasi yang kita minta, nanti lihat game mereka bagaimana menilai mereka secara individu, secara grup maupun taktik secara tim," bebernya.

Bima Sakti akui sudah memiliki kerangka tim untuk memperkuat timnas U-17. Yakni para pemain yang sebelumnya menjadi juara di Piala AFF U-16 Yogyakarta.

"Kita tinggal mencari kekurangan yang ada, kita ambil buat bergabung dengan kerangka yang sudah ada," tegasnya.

"Dan kita sudah mulai TC di Jakarta. Dan ini kita melihat di Bandung karena ini awal, saya nanti akan dibantu coach Indra dengan tim scouting ada coach Budi Sudarsono, Firman Utina, dan itu akan keliling. Seperti di Bandung nanti setiap daerah ada dirtek-dirteknya akan mengkoordinir pemain-pemain kita seleksi," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Bima sakti Timnas Indonesia U-17 Presiden joko widodo
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan