Sempat Ajak Wiljan Pluim ke Persib, Marc Klok: Dia Sudah Punya Klub Baru

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 09 Oktober 2023
Sempat Ajak Wiljan Pluim ke Persib, Marc Klok: Dia Sudah Punya Klub Baru
Marc Klok saat ditemui usai berlatih dengan Timnas Indonesia di Lapangan A Senayan, Jakarta, Senin (9/10). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Pemain Persib Bandung Marc Klok mengomentari perpisahan Willem Jan (Wiljan) Pluim dengan PSM Makassar. Klok mengatakan dia sempat mengajak Pluim bergabung dengan Persib.

Namun, ajakan Klok harus bertepuk sebelah tangan. Klok mengatakan Pluim sudah memiliki klub baru.

Belum diketahui klub mana yang dimaksud Klok. Namun, Pluim tengah dikait-kaitkan dengan Borneo FC Samarinda.

"Saya bilang (ke Pluim), 'ayo ke Persib'. Tapi dia sudah punya klub (baru). Mungkin besok atau malam ini akan diumumkan. Kamu lihat. Sabar," kata Klok saat ditemui usai berlatih dengan Timnas Indonesia di Lapangan A Senayan, Jakarta, Senin (9/10).

Klok mengaku turut prihatin dan sedih dengan situasi yang menimpa Pluim. Pluim (34 tahun) dilepas PSM karena dinilai sudah tua. Namun, ada juga isu mengenai persoalan gaji di balik perpisahan Pluim dengan PSM.

Baca Juga:

Pernyataan Resmi PSM Makassar soal Perpisahan dengan Wiljan Pluim

PSM Coret Wiljan Pluim, Tak Ada Sangkut Paut dengan Kemenangan Madura United

Klok menyayangkan akhir karier Pluim di PSM tidak cukup bagus. Padahal, Pluim dinilai pantas menyandang status legenda klub.

Pluim bergabung dengan PSM sejak pertengahan musim 2016. Selama 7 tahun lebih di PSM, Pluim memberikan gelar Piala Indonesia 2019 dan Liga 1 2022/2023.

"Saya sedih (dengan situasi Pluim). Tetapi saya juga sedih dengan situasi klub. Mengapa klub bikin dia (Pluim) seperti ini. Dia legend di sana. Saya pikir seharusnya situasi bisa bikin lebih bagus akhirnya," tutur Klok.

Marc Klok yang juga pernah memperkuat PSM selama tiga musim (2017-2019) berharap kejadian Pluim dengan PSM bisa jadi pelajaran bersama. Baik untuk pemain dan juga klub.

"Ini Indonesia, semua tahu ada masalah. Kita harus berdamai dengan situasi seperti ini, akan tetapi buat saya kita hidup di dunia profesional, kita berada di liga profesional dengan 18 klub profesional, dan seharusnya semua klub itu bisa profesional."

"Ini bisa jadi contoh yang bagus buat klub agar mengevaluasi pekerjaannya agar tidak hanya melihat penampilan pemain, juara atau tidak, namun juga melihat penampilan dari klub. Apakah pekerjaan klub sudah benar, apakah sudah cukup profesional, saya rasa mereka juga seharusnya bisa berkaca sekarang, dan ini menjadi momen bagus untuk melakukan evaluasi ulang," tutur Klok.

Psm makassar Persib Bandung Marc Klok Wiljan Pluim Bursa transfer Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.351

Bagikan