Profil

Segera Jadi Direktur Teknis Manchester United, Jason Wilcox Bukan Sosok Sembarangan

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 02 April 2024
Segera Jadi Direktur Teknis Manchester United, Jason Wilcox Bukan Sosok Sembarangan
Jason Wilcox (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United dikabarkan akan menunjuk Jason Wilcox sebagai direktur teknis. Menilik rekam jejaknya, Jason Wilcox bukanlah orang baru di sepak bola Inggris dan punya sejumlah prestasi. Berikut ini adalah profil calon direktur teknis anyar Manchester United, Jason Wilcox.

INEOS terus melakukan gebrakan setelah membeli sebagian saham Manchester United. Usai mendatangkan Omar Berrada sebagai CEO anyar, kali ini giliran posisi direktur teknis yang mendapatkan penyegaran.

Menurut laporan yang berembus deras di Inggris, The Red Devils telah mencapai kesepakatan dengan direktur teknis Southampton, Jason Wilcox. Meskipun, negosiasi tidak berjalan dengan mulus.

Man United kesulitan mencapai kata sepakat dengan Southampton. Bahkan, The Saints menilai Setan Merah telah melakukan pendekatan ilegal kepada Wilcox.

Baca Juga:

Sangat Sulit Bermain Seburuk Manchester United

Brentford Ditahan Manchester United, Hasil Imbang yang Paling Tak Seimbang

Manchester United Buat Brentford Seolah Bermain seperti Real Madrid

Meski demikian, Manchester United percaya diri bisa mendapatkan Wilcox dengan menebus klausul pelepasannya.

Namun, Southampton membantah jika ada klausul tersebut dalam kontrak Wilcox. Southampton tidak ingin Wilcox hengkang karena masih butuh servis sang direktur untuk membawa promosi kembali ke Premier League.

Akhirnya, Wilcox yang sudah terlanjur jatuh hati dengan Manchester United mengambil langkah. Menurut Fabrizio Romano, pria 52 tahun itu akan mundur dari Southampton agar mempermudah kepindahan ke Old Trafford.

Ketertarikan Man United kepada Wilcox didasari atas rekomendasi Omar Berrada. Keduanya sudah saling kenal ketika masih sama-sama berada di Manchester City.

Sepak terjang Jason Wilcox di dunia sepak bola Inggris sudah dimulai dengan menjadi pemain. Pada akhir 1980-an, Wilcox dipromosikan ke Blackburn Rovers.

Setelah itu, Wilcox yang yang berposisi sebagai pemain sayap itu melanglang buana ke sejumlah klub Inggris, seperti Leeds United, Leicester City, dan Blackpool.

Pria asal Inggris itu tercatat 273 kali tampil di Premier League dengan torehan 31 gol dan 36 assist. Catatan terbaiknya sebagai pemain adalah membawa Blackburn memenangi Premier League pada musim 1994-1995.

Usai gantung sepatu pada 2006, Wilcox tidak benar-benar meninggalkan dunia sepak bola. Ia menekuni karier sebagai manajer. Wilcox tercatat sebagai manajer Man City U-18 sejak 2013 hingga 2016.

Setelah itu, Wilcox melanjutkan karier dari sisi manajerial. Ia menjabat sebagai kepala kepelatihan akademi Man City selama satu tahun. Wilcox juga terpilih sebagai manajer akademi Man City dari 2017 hingga 2023.

Itu artinya, Wilcox menjadi bagian ketika Man City menegaskan hegemoni di sepak bola Inggris dan juara Liga Champions musim lalu.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Ingin merasakan tantangan baru, Wilcox memilih menuju Southampton pada musim panas 2023. Ia mendapatkan tugas sebagai direktur sepak bola Southampton.

Sepanjang kariernya, Wilcox turut berperan dalam mengembangkan kemampuan pemain-pemain, seperti Phil Foden, Jadon Sancho, Cole Palmer, Brahim Diaz, Rico Lewis, dan Romeo Lavia.

Menurut laporan Sky Sports, Wilcox akan menjadi bagian penting dalam perekrutan pemain Man United. Man United berharap bisa menduetkan Wilcox dengan Dan Ashworth untuk memperbaiki sisi manajemen tim di bursa transfer.

Jason Wilcox Manchester United Breaking News Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.499

Bagikan