Sederet Fakta Menarik dari Derby Manchester, Erling Haaland Ukir Rekor di Old Trafford

Arief HadiArief Hadi - Senin, 30 Oktober 2023
Sederet Fakta Menarik dari Derby Manchester, Erling Haaland Ukir Rekor di Old Trafford
Erling Haaland cetak dua gol ke gawang Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Inkonsistensi Manchester United di musim ini berlanjut. Kendati tidak terkalahkan pada tiga laga beruntun di seluruh kompetisi sebelumnya, Red Devils tak berdaya kala melawan rival sekota, Manchester City.

Bermain di Old Trafford pada pekan 10 Premier League, Minggu (29/10) malam WIB, Man United dibantai dengan skor 0-3 melalui dua gol Erling Haaland (26' penalti, 49') dan Phil Foden (80').

Kemenangan Man City arahan Pep Guardiola itu memperlihatkan perbedaan besar dari segi kualitas, pengalaman, hingga level bermain. Tim tamu punya 61 persen penguasaan bola dengan melepaskan 21 tendangan (10 tepat sasaran).

Man United besutan Erik ten Hag punya tujuh tendangan (tiga tepat sasaran) dengan 39 persen penguasaan bola. Posisi mereka saat ini ada di urutan delapan klasemen dengan 15 poin, sedangkan Man City di peringkat tiga dengan 24 poin dari 10 laga.

Baca Juga:

Legenda Manchester United dan Inggris Sir Bobby Charlton Wafat

Man United 0-3 Man City: Kemenangan Ketujuh The Citizens di Old Trafford

Sir Bobby Charlton dan 10 Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966

Permainan Man City tidak berada di level terbaik seperti musim lalu, khususnya setelah kehilangan Ilkay Gundogan dan Kevin De Bruyne (cedera), tetapi Haaland terus mencetak gol.

Musim lalu, Haaland menorehkan 52 gol di seluruh kompetisi dan membantu Man City memenangi treble winner. Musim ini ia sudah membukukan 13 gol di seluruh kompetisi dari 15 pertandingan.

Rekor baru pun diukirnya di Old Trafford. Termasuk rekor Haaland, berikut sederet catatan menarik dari Derby Manchester di pekan 10 Premier League.

1. Haaland mencetak gol atau memberi assist pada setiap 64 menit rata-rata di Premier League, rata-rata penilaian terbaik dari pemain setidaknya dari 40 laga: Thierry Henry (86 menit), Sergio Aguero (86 menit), Mohamed Salah (93 menit), Robin van Persie (102 menit).

2. Man City memenangi laga ketujuh di Old Trafford di era Pep Guardiola. Hanya melawan Arsenal (delapan kali) Guardiola memenangi lebih banyak laga kandang menghadapi satu lawan.

3. Man United kalah di separuh laga dari laga-laga mereka musim ini di Premier League (lima kemenangan, lima kekalahan dari 10 laga), catatan kekalahan terbanyak dari 10 laga liga sejak 1986-1987.

4. Sejak Pep Guardiola melatih Man City pada 2016, mereka mendapatkan 145 poin lebih ketimbang Man United (649 ke 504), memenangi 60 laga lebih di Premier League (205 ke 145), sementara mencetak 229 gol lebih (681 ke 452).

5. Haaland mencapai 20 gol tandang dengan jumlah laga lebih sedikit (23 laga) ketimbang pemain-pemain Premier League sebelumnya. Kevin Phillips (28 laga), Ian Wright (31 laga), Diego Costa (33 laga), Pierre-Emerick Aubameyang (33 laga).

6. Sejak awal musim lalu, Haaland terlibat langsung dengan gol-gol Premier League melawan Man United (delapan gol dari tiga laga), ketimbang Antony dari seluruh 32 laga (enam keterlibatan).

Erling Haaland Derby Manchester Manchester City Manchester United Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.264

Bagikan