Sederet Catatan Kinclong Erling Haaland di Liga Champions

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 06 Maret 2024
Sederet Catatan Kinclong Erling Haaland di Liga Champions
Erling Haaland (twitter/ErlingHaaland)

BolaSkor.com - Erling Haaland baru berusia 23 tahun, tetapi penyerang Manchester City ini telah menulis ulang buku rekor sejak menandai debutnya di Liga Champions dengan hat-trick. Tidak cuma itu, dia juga mencatatkan namanya sebagai pemain ketiga yang mencetak lima gol di ajang ini.

Hingga saat ini, Erling Haaland telah mencetak 40 gol yang dihasilkan hanya dalam 36 penampilan Liga Champions. Catatan yang menulis ulang buku rekor sebagai pemain termuda sekaligus tercepat yang mencapai 40 gol.

Masih berusia 23 tahun dan baru menjalani musim kelimanya di kompetisi ini, penyerang asal Norwegia ini sudah menduduki peringkat ke-18 dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Dia melampaui pemain seperti Samuel Eto'o, Antoine Griezmann, Kaka, dan Wayne Rooney.

Baca Juga:

Format Baru Liga Champions, dari Penambahan Tim hingga Penghapusan Fase Grup

Penentuan Jatah Empat Tim Tambahan untuk Format Baru Liga Champions

Yang Berhak Melaju ke Fase Gugur pada Format Baru Liga Champions

Haaland yang lahir di Leeds tampil menonjol di Salzburg pada 2019, menjadi pemain pertama dan sejauh ini satu-satunya yang mencetak hat-trick di babak pertama pada debutnya, dalam kemenangan 6-2 melawan Genk. Dia mencetak gol dalam lima penampilan pertamanya di Liga Champions, menjadi pemain ketiga yang mencapai prestasi tersebut setelah Alessandro Del Piero dan Diego Costa.

Haaland telah menghadapi 19 tim berbeda di Liga Champions dan mencetak gol ke gawang 14 di antaranya. Hanya Ajax, Manchester City (saat masih di Dortmund), Real Madrid, Inter, dan Crvena zvezda yang berhasil menahannya.

Sepanjang kariernya yang masih pendek, Haaland telah mencetak dua hat-trick di Liga Champions, yang pertama terjadi dalam debutnya. Saat itu Haaland mencetak hat-tricknya di babak pertama ketika Salzburg menang 6-2 atas Genk.

Sedangkan hat-trick keduanya terjadi saat membela Manchester City yang membantai Leipzig 7-0 di leg kedua babak 16 besar 2023. Tak tanggung-tanggung, pada laga itu Haaland mencetak lima gol.

Haaland langsung cemerlang di Liga Champions, bahkan jika dibandingkan para megabintang lainnya. Dia hanya membutuhkan tujuh pertandingan untuk mencapai sepuluh gol dan tujuh pertandingan lainnya untuk mencapai 20.

Tidak ada yang mampu mendekati angka 20 gol hanya dalam 14 penampilan. Harry Kane, rival terdekatnya, membutuhkan sepuluh laga lebih banyak. Lionel Messi dan Robert Lewandowski butuh 36 laga, sedangkan Kylian Mbappe 37.

Saat ini sudah 40 gol yang dikoleksi Haaland. Jumlah yang dikumpulkannya dalam 36 penampilan. Ini merupakan rekor baru Liga Champions. Dia unggul jauh dari rekor sebelumnya yang dipegang Ruud van Nistelrooy. Penyerang asal Belanda itu membuthkan 45 laga untuk mencapai 40 gol.

Haaland juga melewati rekor milik Kylian Mbappe yang berusia 23 tahun 260 hari untuk mencapai 40 gol. Anak dari Alf-Ing Haaland itu mampu menyentuh 40 gol di Liga Champions saat berusia 23 tahun, 130 hari.

Rekor Haaland di Liga Champions

- Termuda capai 15 gol – 20 tahun 126 hari

- Tercepat capai 15 gol – 12 laga

- Termuda capai 20 gol – 20 tahun 231 hari

- Tercepat capat 20 gol – 14 laga

- Termuda capai 25 gol – 22 tahun 47 hari

- Tercepat capai 25 gol – 20 laga

- Termuda capai 30 gol – 22 tahun 236 hari

- Tercapat capai 30 gol – 25 laga

- Termuda capai 35 gol – 22 tahun 272 hari

- Tercepat capay 35 gol – 27 laga

- Termuda capai 40 gol – 23 tahun 130 hari

- Tercepat capai 40 gol – 35 laga

- Pemain pertama (saat ini satu-satunya) yang mencetak hat-trick di babak pertama pada laga debut.

- Pemain pertama yang mencetak lebih dari satu gol di empat laga beruntun.

- Pemain pertama yang mencetak lebih dari satu gol dalam laga pertama di kompetisi ini bersama tiga klub berbeda.

Erling Haaland Liga Champions Manchester City Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.313

Bagikan