SEA Games 2023: Dua Medali Emas dan Satu Perak Indonesia dari Pencak Silat

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 07 Mei 2023
SEA Games 2023: Dua Medali Emas dan Satu Perak Indonesia dari Pencak Silat
Puspa Arumsari (NOC Indonesia/Louis Figo)

BolaSkor.com - Hari kedua SEA Games 2023 Kamboja setelah acara pembukaan berlangsung pada Minggu (07/05). Kontingen Indonesia juga berhasil menambah koleksi medali, khususnya medali emas.

Tim Merah Putih menyabet dua medali emas dari satu cabang olahraga (cabor) favorit, pencak silat, serta satu medali perak. Pada seni bela diri tradisional Indonesia tersebut, tiga medali datang dari tiga nomor berbeda.

Atlet pertama yang memenanginya adalah dara berusia 30 tahun, Puspa Arumsari, pada nomor women's artistic tunggal. Puspa mengalahkan atlet Malaysia, Nur Syafiqah Hamzah, dengan perolehan poin 9.970 berbanding 9.915.

Perolehan itu menjadi peningkatan bagi Puspa yang meraih medali perak pada SEA Games 2021 Vietnam. Kala itu Puspa kalah saat melawan atlet Filipina, Mary Francine Padios Cezar.

Baca Juga:

Medali Emas Kesepuluh Hadir dari Vovinam, Dua Perunggu Juga Diraih

Karate Tambah Pundi Emas Kontingen Indonesia

Lampaui Prestasi SEA Games Tahun Lalu, Manik Trisna Dewi Harumkan Vovinam Indonesia

Puspa Arumsari (NOC Indonesia/Louis Figo)

Raihan medali emas lainnya pada turnamen yang diadakan di Chroy Changvar Covention Center juga datang dari nomor beregu Men's Artistic. Trio Indonesia diwakili oleh Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Rano Slamet Nugraha.

Anggi, Asep, dan Rano mengalahkan tiga atlet perwakilan Thailand, Abdulkarim Koolee, Salwa Cheha, dan Sobri Cheni dengan perolehan poin tipis 9.970 berbanding 9.930 Thailand. Alhasil, sudah dua medali emas diraih Indonesia dari cabang pencak silat (total medali emas ke-13).

Terakhir, perolehan medali datang dari nomor ganda Women's Artistic. Indonesia, diwakili oleh Ririn Rinasih dan Riska Hermawan, melawan perwakilan Thailand Oraya Choosuwan dan Saowanee Chanthamunee.

Sayang, pasangan Ririn dan Riska kalah dari Oraya dan Saowanee kalah dengan catatan poin 9.915 berbanding 9.945 Thailand. Indonesia pun meraih medali perak dan Thailand memenangi medali emas.

Pencak Silat SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.220

Bagikan