Lampaui Prestasi SEA Games Tahun Lalu, Manik Trisna Dewi Harumkan Vovinam Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 07 Mei 2023
Lampaui Prestasi SEA Games Tahun Lalu, Manik Trisna Dewi Harumkan Vovinam Indonesia
Manik Trisna Dewi Wetan meraih medali emas dari nomor Women's Yin Yang Sword Form. (NOC Indonesia/Argo Pambudi)

BolaSkor.com - Manik Trisna Dewi menorehkan prestasi gemilang di SEA Games 2023 Kamboja. Setelah jadi yang terbaik di nomor Dragon Tiger Form, atlet putri Vovinam kebanggaan Tanah Air itu melanjutkan dominasinya di nomor Yin Yang Sword Form Putri.

Dalam pertandingan yang digelar di Chroy Changvar Convention Center, Minggu (7/5), Manik berhasil jadi yang terbaik setelah mengumpulkan skor 271 dari tim juri.

Ia unggul atas atlet Vovinam Kamboja Pov Sokha dan May Han Ni Aung Lwin dari Myanmar yang memperoleh perunggu.

Baca Juga:

Medali Emas Kesepuluh Hadir dari Vovinam, Dua Perunggu Juga Diraih

'Rumah Indonesia', Inisiatif Pelayanan Terbaik dari CdM untuk Tim Indonesia Selama SEA Games 2023 Kamboja

Dua emas yang didapatkan Manik di Kamboja tentu sangat spesial. Sebab, Ia melampaui catatanya di SEA Games 2021 Vietnam di mana hanya mendapat satu emas.

Khusus di nomor Yin Yang Sword Form Putri, Manik mencatatkan back-to-back champions. Ia berhasil mempertahankan emas yang didapatnya tahun lalu.

"Target untuk SEA Games kali ini memang di (nomor) senjata (Yin Yang Sword Form Putri). Lumayan berat karena mempertahankan itu jauh lebih berat daripada meraihnya," kata Manik.

Manik layak mendapatkan apresiasi. Di nomor Dragon Tiger Form, dirinya berhasil memperbaiki catatan dari SEA Games 2021.

"Di nomor itu pada SEA Games tahun lalu saya mendapat perunggu dan tahun ini dapat emas atas restu Tuhan," ucapnya.

Ia pun mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), dan Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim untuk tim Vovinam Indonesia.

"Terima kasih atas kesempatannya untuk membela Tanah Air di negara lain. Semoga Indonesia bisa kembali menambah medali-medali lagi," ucapnya.

Sejauh ini Tim Vovinam Indonesia memang tampil impresif. Dua emas dan lima perunggu berhasil diraih.

Adapun perunggu diperoleh dari nomor Pair Machette Tim Putra, Basic Self Defence Technique Tim Campuran, Yin Yang Sword Form Tim Putra, Dual Form Tim Putri dan Lea Attack Technique Tim Putra.

"Ini hasil yang sangat menggembirakan. Mudah-mudahan nanti bisa bertambah," ucap manajer tim Vovinam Indonesia, Isnaldi Muhammad Dini.

Tim Vovinam akan kembali bertanding di final tiga nomor pada pukul 14.00 waktu setempat. Tiga nomor itu di antaranya Dual Form 3 Putra, Cross Form Tim Putri dan Yin Yang Sword Form Tim Putri.

Laporan Langsung Rizqi Ariandi dari Kamboja

Vovinam SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan