Riko Simanjuntak Kesal dengan Wasit, Thomas Doll Sindir Bali United Lagi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 24 September 2023
Riko Simanjuntak Kesal dengan Wasit, Thomas Doll Sindir Bali United Lagi
Witan Sulaeman saat berduel dengan gelandang Bali United Mohamed Rashid. (Media Persija)

BolaSkor.com - Pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak secara terbuka mengungkapkan kekesalannya terhadap kepemimpinan wasit Aidil Azmi yang memimpin pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 kontra Bali United di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (24/9) malam WIB.

Kekesalan Riko disebabkan Aidil Azmi yang dianggap sering membiarkan pemain Bali United melakukan pelanggaran. Bahkan, dalam sebuah momen, Witan Sulaeman terlihat ditekel di dalam kotak penalti Bali United, tapi wasit hanya memberikan tendangan bebas untuk Persija.

"Saya sempat ngomong ke wasit beberapa kali (kalau) saya ditarik (dilanggar). Saya bicara ke wasit, 'kamu lihat tidak, bagaimana kamu memimpin'. Katanya enggak (pelanggaran), kamu cuma jatuh. Saya komplain, saya minta wasit melihat (tayangan ulang). Katanya, kalau kamu diinjak, kamu enggal bisa jalan bagus, padahal seharusnya wasit itu melindungi pemain," kata Riko Simanjuntak.

Riko menjelaskan, ini untuk pertama kalinya dia berbicara keras soal wasit. Riko mengaku sudah sangat kesal dengan wasit-wasit yang dianggap terus merugikan Persija. Sebelumnya, Riko juga sempat marah dengan kepemimpinan wasit di laga kontra Madura United.

Baca Juga:

Bali United Tahan Imbang Persija dengan 10 Pemain

Dramatis, Gol di Ujung Laga Buat Persib Menang di Kandang Bhayangkara FC

"Sebagai pemain, kami ada batasan protes. Kalau saya protes keras, saya disanksi. Tapi wasit berlindung di bawah keterbatasan. Ayolah kita sama-sama perbaiki sepak bola Indonesia. Hal-hal kecil, kalau wasit salah (ambil keputusan), itu (pemain) sangat terganggu," ujarnya menambahkan.

Protes juga disampaikan oleh pelatih Persija, Thomas Doll. Doll lagi-lagi heran kenapa Persija tidak diberikan penalti padahal pelanggaran terhadap Witan Sulaeman jelas dilakukan di dalam kotak penalti.

"Saya protes ke wasit, mereka hanya senyum. Para pemain di bench juga protes, menanyakan hal yang sama, tapi tidak ditanggapi. Padahal itu penalti. Jelas kami kecewa dengan wasit," ujar Thomas Doll.

Bukan hanya wasit yang membuat Thomas Doll kesal. Strategi Bali United yang kerap mengulur waktu dengan meminta perawatan di lapangan juga kembali dikritisi oleh juru taktik asal Jerman tersebut.

Sebelumnya, pada pertemuan musim lalu, Thomas Doll juga menyampaikan kritik serupa. Doll tak suka dengan taktik seperti itu karena dianggap mengganggu permainan.

"Lagi-lagi pemain Bali United rebahan dan itu sangat merusak permainan. Wasit juga hanya memberikan waktu tambahan (injury time) selama 5 menit. Saya tidak mengerti, padahal mereka (Bali United) banyak tidur (tergeletak)," tuturnya.

Laga antara Persija dan Bali United berakhir dengan skor imbang 1-1. Gol Rahmat Arjuna pada menit 12 berhasil dibalas Ondrej Kudela di menit ke-74.

Persija jakarta Bali United Thomas Doll Riko Simanjuntak Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.308

Bagikan