Respons Bima Sakti soal Kritik Warganet terhadap Selebrasi Arkhan Kaka

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 16 November 2023
Respons Bima Sakti soal Kritik Warganet terhadap Selebrasi Arkhan Kaka
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, merespons kritik warganet terkait selebrasi Arkhan Kaka yang dianggap berlebihan usai mencetak gol ke gawang Panama U-17 pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11).

Ketika itu, Arkhan Kaka merayakan golnya ke gawang Panama U-17 dengan menari-nari. Aksi pemain Persis Solo itu pun pada akhirnya mengundang pro-kontra.

Beberapa warganet menilai selebrasi Arkhan Kaka terlalu berlebihan dan membuang waktu. Apalagi saat itu Timnas Indonesia U-17 dalam posisi masih bisa meraih kemenangan.

Gol sundulan Arkhan Kaka pada menit ke-54 itu membuat skor menjadi 1-1. Artinya, masih ada sekitar 36 menit untuk Timnas Indonesia U-17 kembali menambah skor.

Terkait hal ini, arsitek Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, menyatakan bahwa dirinya tidak membatasi para pemain untuk mengekspresikan kebahagiaan usai mencetak gol. Namun, Bima Sakti mengingatkan supaya selebrasi tidak dilakukan berlebihan.

"Ya, semuanya kita beri kebebasan pemain dengan selebrasi. Silakan mereka yang memilih," kata Bima Sakti.

"Yang paling terpenting adalah mereka tidak melakukan selebrasi yang berlebihan, (misalnya) lari sampai (mengelilingi) satu lapangan yang akhirnya menguras tenaga mereka," tuturnya menambahkan.

Baca Juga:

Laga Kontra Maroko Krusial, Pemain Timnas U-17 Diminta Kurangi Kesalahan Individu

Tak Ada yang Cedera, Timnas Indonesia U-17 Full Team Lawan Maroko

Supaya tidak kembali menimbulkan pro-kontra, Bima Sakti juga akan mengedukasi para pemainnya. Bima tidak mau Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan menjadi terganggu konsentrasi bahkan mentalnya karena persoalan ini.

"Soal mereka joget, ya nanti mungkin kita akan berikan edukasi buat mereka supaya tidak menimbulkan bermacam pandangan dari masyarakat luas," ucap Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-17 sendiri masih mempunyai kans untuk lolos ke babak 16 besar, baik sebagai juara grup, runner-up atau satu dari empat tim peringkat 3 terbaik. Nasib Garuda Muda bakal ditentukan pada laga ketiga Grup A kontra Maroko U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (16/11) malam ini.

Jika menang, satu tiket ke babak 16 besar dipastikan menjadi milik Timnas Indonesia U-17. Namun, untuk menjadi juara grup, Timnas Indonesia U-17 harus berharap Ekuador kalah dari Panama.

Lalu, andai Ekuador dan Timnas Indonesia U-17 sama-sama meraih kemenangan, maka Tim Merah-Putih akan menjadi runner-up, karena tertinggal 2 poin. Sedangkan, jika kembali mendapatkan hasil imbang, maka harapan Timnas Indonesia U-17 untuk lolos tinggal sebagai salah satu dari empat tim peringkat 3 terbaik.

Di klasemen tim peringkat ketiga terbaik, untuk sementara Timnas Indonesia U-17 ada di posisi 4, atau batas paling akhir. Dengan 3 poin (seandainya imbang lawan Maroko), Indonesia akan menggantungkan nasibnya pada tim lain, dalam hal ini Meksiko.

Meksiko yang mengoleksi satu poin bisa menggeser tempat Timnas Indonesia U-17 jika menang di laga terakhir Grup F melawan Selandia Baru. Nantinya, Meksiko akan mempunyai 4 poin, sedangkan Timnas Indonesia U-17 hanya 3 poin.

Timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka Bima sakti Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan