Resmi Mendaftar Ketum PBTI, Letjen TNI Richard Tampubolon Ingin Kembalikan Kejayaan Taekwondo Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 25 Agustus 2023
Resmi Mendaftar Ketum PBTI, Letjen TNI Richard Tampubolon Ingin Kembalikan Kejayaan Taekwondo Indonesia
Letjen TNI Richard Tampubolon menunjukkan daftar dukungan dari Pengprov PBTI. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Letnan Jenderal (Letjen) TNI Richard Tampubolon resmi mendaftar sebagai Calon Ketua Umum (Caketum) PBTI (Pengurus Besar Taekwondo Indonesia) periode 2023-2027.

Didampingi oleh Ketua Tim Pemenangan Brigjen TNI Robert Ndona dan beberapa perwakilan pengurus provinsi (pengprov) PBTI, Richard datang ke Kantor PBTI di STC Senayan, Jakarta, Jumat (25/8), untuk menyerahkan berkas. Berkas pencalonan Richard diterima langsung oleh Ketua Tim Penjaringan, Ruminta, dan dinyatakan lengkap.

"Kalau kemarin 25 pengprov (menyatakan dukungan), sekarang 28 pengprov yang sudah kami serahkan dukungannya kepada TPP dan kami berharap (proses) ini berjalan dengan baik sesuai aturan, sesuai kaidah, dan sesuai persyaratan yang ada," kata Richard kepada awak media.

Richard berharap proses Musyawarah Nasional atau Munas PBTI yang akan diselenggarakan di Sentul, Bogor, pada 4 September 2023 dapat berlangsung sportif. Richard mengatakan bahwa dirinya memutuskan maju sebagai Caketum PBTI dengan niat tulus mengembalikan kejayaan taekwondo Indonesia.

Baca Juga:

Harapan Baru Taekwondo Indonesia, Letjen TNI Richard Tampubolon Didukung Mayoritas Pengprov PBTI

Kecintaan Letjen Richard Tampubolon pada Bela Diri dan Kesiapannya Mengabdi untuk Olahraga

Prestasi Tim Taekwondo Indonesia pada tiga edisi terakhir SEA Games memang jadi sorotan. Di SEA Games 2019 Filipina, Tim Taekwondo Indonesia hanya mendapatkan 2 medali perak dan 8 perunggu. Lalu di SEA Games 2021 Vietnam, taekwondo menyumbang 1 emas, 2 perak, 9 perunggu. Sedangkan, di SEA Games 2023, tim taekwondo menyabet 1 emas, 4 perak dan 4 perunggu.

"Tentu harapannya ke depan saya bersama pengprov, saya bersama mantan-mantan atlet, saya bersama stakeholder yang lain, mimpinya sama kita semua bagaimana taekwondo Indonesia kembali berjaya di tingkat Asia sampai dunia," ujar Richard.

"Untuk itu, kompetisi ini kompetisi yang fair play dan kita berharap kelak tagline kami yang akan jadi pegangan bahwa bersatu berprestasi," tambahnya.

Tekad Richard semakin bulat dan semangatnya kian membara karena keputusannya untuk maju sebagai Calon Ketum PBTI didukung penuh keluarga dan keluarga besar TNI Angkatan Darat (TNI-AD). Richard mengatakan bahwa langkahnya ini sudah direstui oleh mereka.

"(Dukungan) itu menjadi penyemangat saya," ujarnya.

Sebelumnya, pada Kamis (24/8) kemarin, sejumlah Pengprov PBTI telah menyatakan dukungan kepada Richard untuk bertarung di Munas PBTI. Deklarasi dukungan itu dilakukan di Hotel Atlet Century, Jakarta.

"Kami rasa penting untuk tidak salah dalam meninggalkan legacy (warisan) bagi Taekwondo Indonesia, maka dengan tegas, kami juga berhimpun pada tidak kurang dari 20 pengprov seluruh Indonesia saat ini dan mudah-mudahan masih mengalir dukungan dari teman-teman lainnya, maka kami dengan bersatu dengan harapan mempunyai prestasi yang akan datang, kita dengan tegas mengusung Letnan Jenderal Richard Tampubolon," tutur Ketua Pengprov PBTI Bangka Belitung, Muhammad Irham, kemarin.

"Dan kemudian perlu kami sampaikan, calon ini bagi kami adalah calon yang paling tepat saat ini. Kalau kita tanya siapa yang mau jadi Ketua Umum PBTI, saya yakin satu Indonesia banyak yang mau, tapi tidak banyak yang mampu atau kompeten.

"Maka dari pembahasan-pembahasan kita dengan teman-teman pengprov seluruh Indonesia sampai dinihari malam tadi kita telah meyakinkan betul bahwa pak Richard Tampubolon sangat kompeten untuk memimpin Pengurus Besar Taekwondo Indonesia," tegasnya.

Taekwondo Richard Taruli Horja Tampubolon Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.376

Bagikan