PT LIB Imbau Klub Harus Patuhi Aturan jika Ingin Dapat 100 Persen Penonton di Musim Depan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 04 April 2023
PT LIB Imbau Klub Harus Patuhi Aturan jika Ingin Dapat 100 Persen Penonton di Musim Depan
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno. (Istimewa)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengaku sudah mengantongi hal-hal apa saja yang akan masuk ke dalam program evaluasi Liga 1 2022/2023. Termasuk salah satunya adalah opsi menggelar pertandingan dengan jumlah penonton 100 persen untuk musim depan.

Seperti diketahui, beberapa klub saat ini mendapat pembatasan jumlah kehadiran penonton sebagai imbas terjadinya Tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10) tahun lalu. Ketentuan kapasitas penonton menyesuaikan izin rekomendasi berdasarkan Perpol nomor 10 tahun 2022.

"LIB selaku operator (Liga 1) mendapat mandat dari federasi sebagai regulator, bahwa Perpol bagian dari transformasi sepak bola nasional pasca Tragedi Kanjuruhan," tutur Direktur Operasional LIB, Sudjarno saat hadir di Stadion Gelora Ratu Pamelingan.

Baca Juga:

Persik Kediri Pagari 4 Pemain Penting, Satu di Antaranya Asing

Pelatih Persija Thomas Doll Bertekad Gulingkan Persib dari Tempat Kedua

Pihaknya pun tak menepis atas peluang kembali dibukanya kapasitas 100 persen untuk pertandingan Liga 1. Sedangkan saat ini, klub-klub Liga 1 rata-rata hanya boleh menggelar pertandingan sebanyak 50 persen dari kapasitas stadion.

Namun untuk mencapai itu, ada sejumlah tahapan yang mesti dilalui oleh klub. Seperti ketika mereka menjalani verifikasi terhadap risiko keamanan hingga kelayakan bangunan stadion beberapa waktu lalu.

"Setiap stadion harus ada assessment lalu diverifikasi dari sisi infrastruktur, security maupun safety. Lalu ada hasil berupa nilai-nilai yang menentukan ada atau tidaknya penonton (di stadion)," bilang Sudjarno.

Pihaknya pun membuka diri terhadap masukan-masukan yang akan disampaikan klub. Karena pada prinsipnya, LIB ingin kompetisi Liga 1 musim depan berjalan secara normal kembali.

"Tentu penerapan perpol sejauh ini akan menjadi bahan evaluasi kami. Mungkin klub ada beberapa kendala, tentu akan kami laporkan ke federasi setelah kompetisi selesai. Evaluasi itu akan menjadi program kompetisi musim depan," pungkasnya. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi)

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Breaking News Sudjarno
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.025

Bagikan