Kualifikasi Piala Dunia 2026

PSSI Upayakan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Tampil Saat Timnas Indonesia Tandang ke Markas Vietnam

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 14 Maret 2024
PSSI Upayakan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Tampil Saat Timnas Indonesia Tandang ke Markas Vietnam
Ragnar Oratmangoen. (Instagram.com/0ratmangoen)

BolaSkor.com - Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen dipastikan tidak dapat memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam pada laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dari Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3).

Pasalnya, Thom dan Ragnar belum mengantongi paspor Indonesia. Proses naturalisasi mereka baru bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya setelah Ketua DPR-RI Puan Maharani menandatangani surat persetujuan pemberian kewarganegaraan Indonesia terhadap para pemain tersebut, termasuk Maarten Paes pada Rabu (13/3).

Proses berikutnya adalah menanti keluarnya Keputusan Presiden atau Keppres terkait surat yang diajukan DPR itu. Baru setelah itu, mereka menunggu jadwal pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

"Surat dari DPR sudah ditandatangani oleh Ketua DPR pada tanggal 13 (Maret), karena memang itu adalah hari kerja setelah sebelumnya libur (Hari Raya Nyepi). Hari pertama setelah libur selesai, DPR memproses secara administrasi," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga dalam pesan yang dibagikan kepada awak media, Kamis (14/3).

Baca Juga:

Bertemu Erick Thohir, Shin Tae-yong Laporkan Kondisi Terkini Timnas Indonesia Sebelum Lawan Vietnam

Ketua DPR Bubuhkan Tanda Tangan, Naturalisasi Thom Haye, Maarten Paes, Ragnar Oratmangoen Tunggu Keppres Presiden Jokowi

Arya kemudian meluruskan kabar yang menyebutkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen batal mengambil sumpah karena surat persetujuan pemberian kewarganegaraan Indonesia belum ditandatangani oleh Puan Maharani.

Thom Haye. (Instagram.com/thomhaye)

Thom dan Ragnar memang sempat ke Indonesia pada Senin (11/3) bersama dengan Nathan Tjoe-A-On. Namun, hanya Nathan yang mengambil sumpah.

"Kedatangan Thom Haye dan Ragnar ke Indonesia memang untuk melengkapi administrasi-administrasi yang nantinya dipakai untuk tahap berikutnya," ujar Arya.

Arya mengatakan PSSI akan terus berupaya supaya Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa bermain saat Timnas Indonesia bertandang ke markas Vietnam pada 26 Maret. Artinya, pengambilan sumpah dan perubahan asosiasi kedua pemain tersebut diharapkan rampung sebelum Skuad Garuda bertolak menuju Vietnam.

"?Thom Haye dan Ragnar akan kami siapkan administrasinya, semuanya, supaya siap bertanding pada tanggal 26 Maret melawan Vietnam di Vietnam," ucap Arya.

Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen Thom Haye Pssi Arya Sinulingga Timnas vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan