Kualifikasi Piala Dunia 2026

PSSI Serius Persiapkan Timnas Hadapi Vietnam, Sikap Shin Tae-yong Justru Dikritik Pengamat

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 16 Maret 2024
PSSI Serius Persiapkan Timnas Hadapi Vietnam, Sikap Shin Tae-yong Justru Dikritik Pengamat
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Founder Football Institute sekaligus pengamat sepak bola, Budi Setiawan, mengapresiasi keseriusan PSSI dalam mempersiapkan Timnas Indonesia menghadapi laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia kontra Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Keseriusan PSSI itu dibuktikan dengan dilakukannya percepatan proses naturalisasi sejumlah pemain keturunan, seperti Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes.

Nathan bahkan sudah diambil sumpah sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) pada Senin (11/3) malam, atau yang bertepatan dengan libur nasional, yakni Hari Raya Nyepi.

"Kelihatan memang PSSI yang sangat aktif untuk dapat mengalahkan Vietnam untuk dua laga ke depan di Kualifikasi Piala Dunia 2026," kata Budi dalam keterangannya.

"Naturalisasi (sumpah WNI) tengah malam itu menunjukkan bahwa PSSI via Ketua Umum Erick Thohir kerja keras sekali. Setelah Nathan, ada tiga pemain lain yang akan menyusul untuk pengambilan sumpah," ujar Budi menambahkan.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Vs Vietnam, Justin Hubner Kebelet Main di GBK

Hokky Caraka Respons Kritik Warganet Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam

Hal berbeda dilihat Budi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Menurutnya, pelatih asal Korea Selatan tersebut terlalu banyak mengeluh.

Bahkan, Budi menyayangkan pernyataan Shin Tae-yong yang tidak percaya diri Timnas Indonesia bisa mengalahkan Vietnam, baik di Jakarta pada 21 Maret maupun di Hanoi pada 26 Maret.

Shin Tae-yong beralasan beberapa pemain Timnas Indonesia banyak yang melakukan penerbangan dari Eropa, sehingga dikhawatirkan kondisinya tidak maksimal.

"STY selalu alasan setiap kali bertanding. Kali ini alasannya adalah penerbangan yang panjang dari Eropa. Ayolah, kamu itu kan pelatih kelas dunia, masa tidak ada startegi mengatasi itu," ujar Budi.

Budi menilai, dua laga kontra Vietnam ini harus jadi bahan evaluasi PSSI terhadap Shin Tae-yong. Kontrak pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu akan habis pertengahan tahun ini.

"Kalau STY tidak serius menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Indonesia, khususnya di sisa laga melawan Vietnam, Filipina, dan Irak, saya pikir waktunya PSSI menunjukkan ketegasannya," tegas Budi.

Pssi Timnas Indonesia Shin Tae-yong Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.382

Bagikan