PSSI Sebut Klub Akan Diminta Maksimal 3 Pemain untuk Asian Games

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 11 September 2023
PSSI Sebut Klub Akan Diminta Maksimal 3 Pemain untuk Asian Games
Selebrasi Egy Maulana Vikri usai bobol gawang Turkmenistan, pada laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9) malam WIB. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan mengatakan PSSI bersama klub bersepakat mengenai jumlah pemain yang akan dipanggil untuk tampil di Asian Games 2022 Hangzhou.

Endri memahami ajang Asian Games tidak termasuk dalam kalender FIFA, tetapi tetap dianggap penting untuk tim nasional. Karena itu, PSSI menginginkan Timnas Indonesia U-24 diperkuat pemain-pemain terbaik dalam ajang multi-event tersebut.

Supaya tidak ada permasalahan dengan klub karena Asian Games 2022 berlangsung di tengah bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 musim 2023/2024, PSSI mencoba untuk membangun komunikasi yang baik dengan klub.

Endri mengatakan, salah satu yang disepakati dari komunikasi itu adalah terkait dengan jumlah pemain yang dipanggil dari setiap klub. Menurut Endri, setiap klub hanya akan diminta maksimal tiga pemain.

"Ada pendekatan (dengan klub), (mencari) win-win solution. Responsnya (klub) cukup baik. Mungkin kami (awalnya) meminta 4 sampai 5 pemain, tapi dinego menjadi 3 atau 2. Tinggal coach Indra (Sjafri) saja pintar-pintar memilih," kata Endri Erawan kepada awak media.

Baca Juga:

Jordi Amat dan Rachmat Irianto Masuk Daftar Pemain Timnas U-24 untuk Asian Games

PSSI Yakin Tak Ada Masalah dengan Klub soal TC Timnas U-24 untuk Asian Games

Jika tidak ada perubahan, Timnas Indonesia U-24 dijadwalkan bertolak menuju China pada 16 September mendatang. Saat ini para pemain yang tidak dipanggil untuk ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Solo, sedang menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) di Jakarta.

"Sudah ada 13 pemain (yang bergabung) dan berangsur-angsur bertambah. Sekarang tambah menjadi 20 pemain," tutur Endri yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) di PSSI dan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) tersebut.

Asian Games 2022 Hangzhou akan dilaksanakan secara resmi pada 23 September sampai 8 Oktober 2023. Cabang olahraga (cabor) sepak bola putra sendiri akan dimulai terlebih dulu, tepatnya pada 19 September sampai 7 Oktober. Ada delapan stadion yang disiapkan sebagai arena laga.

Di Asian Games 2022, Timnas Indonesia U-24 tergabung ke dalam Grup F. Grup itu terdiri dari Indonesia, Korea Utara, Kirgistan, dan Chinese Taipei atau Taiwan.

Timnas Indonesia U-24 akan memulai babak fase grup dengan menghadapi Kirgistan pada 19 September. Setelah itu bertemu Taiwan (21/9) dan Korea Utara (24/9).

Selama babak fase grup itu, kompetisi Liga 1 akan melangsungkan pekan ke-13. Jika Indonesia mampu melangkah jauh, artinya para pemain bisa absen sampai pekan 15.

Timnas indonesia u-23 Endri Erawan Breaking News Timnas Indonesia Asian games
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.436

Bagikan