Jordi Amat dan Rachmat Irianto Masuk Daftar Pemain Timnas U-24 untuk Asian Games

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 06 September 2023
Jordi Amat dan Rachmat Irianto Masuk Daftar Pemain Timnas U-24 untuk Asian Games
Jordi Amat mencatatkan debut untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja, Jumat (23/12). (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) Jordi Amat dan penggawa Persib Bandung Rachmat Irianto masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-24 untuk Asian Games 2022 Hangzhou.

Pada ajang tersebut, setiap tim bisa mendaftarkan tiga pemain senior. Sedangkan, sisanya adalah pemain yang lahir maksimal 1 Januari 1999.

Batas umur pemain yang berhak bermain memang berubah dari U-23 ke U-24. Ini imbas dari perhelatan Asian Games mundur setahun dari 2022 ke 2023 karena pandemi COVID-19.

"Long list (entry by name) itu ada 44 pemain, tapi enggak disetujui KOI (Komite Olimpiade Indonesia) 3, jadi sisa 41. Di daftar itu, ada lima kalau tidak salah yang seniornya. Ada Jordi Amat, (Rachmat) Irianto," kata manajer timnas, Endri Erawan.

Selain Jordi dan Irianto, Endri juga menyebut nama Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy) dan Saddil Ramdani (Sabah FC). Endri mengatakan mereka juga memiliki kans tampil di Asian Games 2022 jika diizinkan oleh klubnya masing-masing.

"Sudah dilakukan pembicaraan. Mudah-mudahan bisa (bergabung) karena ini ajangnya Asia. Klubnya Arhan, Asnawi, dan Saddil di Asia juga."

"Mungkin kami bisa bicarakan kepada mereka bahwa ini (Asian Games) meski bukan agenda FIFA, tapi paling tidak kejuaraan resmi tingkat Asia, jadi negara (asal klub) mereka juga ikut, (ada) Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia," tutur Endri.

Baca Juga:

Empat Pemain Bakal Dicoret dari Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi

Rizky Ridho Tegaskan Kesiapan Tampil di Barisan Pertahanan Timnas U-23

Lelaki yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu mengatakan, persiapan Timnas Indonesia U-24 untuk Asian Games 2022 rencananya bakal dimulai pada 7 September 2023 di Jakarta. Namun, di awal TC ini, hanya akan diikuti oleh 13 pemain dulu.

Sebagian besar pemain yang masuk kantung pelatih Indra Sjafri tengah berada di Solo untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Agenda itu berlangsung pada 6 sampai 12 September.

"Nanti (jumlah pemain) bertambah setelah Kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo selesai. Insyaallah akan lengkap," ucap Endri.

Asian Games 2022 Hangzhou akan dilaksanakan secara resmi pada 23 September sampai 8 Oktober 2023. Cabang olahraga (cabor) sepak bola putra sendiri akan dimulai terlebih dulu, tepatnya pada 19 September sampai 7 Oktober. Ada delapan stadion yang disiapkan sebagai arena laga.

Di Asian Games 2022, Timnas Indonesia U-24 tergabung ke dalam Grup F. Grup itu terdiri dari Indonesia, Korea Utara, Kirgistan, dan Chinese Taipei atau Taiwan.

Timnas indonesia u-23 Jordi Amat Rachmat Irianto Endri Erawan Pssi Asian Games 2022 Hangzhou Asian games Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.316

Bagikan