PSSI dan PT LIB Gelar Rapat Darurat soal Liga 1, Ini Hasilnya

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 05 Februari 2022
PSSI dan PT LIB Gelar Rapat Darurat soal Liga 1, Ini Hasilnya
Lanjutan Liga 1 tetap digelar di Bali. (LIB)

BolaSkor.com - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan lanjutan Liga 1 2021/2022 akan tetap berlangsung di Pulau Bali. Keputusan ini didapat setelah PSSI dan LIB menggelar rapat darurat atau emergency meeting pada Jumat (4/2).

Emergency meeting digelar secara virtual yang diikuti oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Anggota Komite Eksekutif (Exco) Haruna Soemitro, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita dan Direktur Operasional LIB Soedjarno.

Dalam keterangan resminya, PSSI melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen), Yunus Nusi, mengakui adanya peningkatan kasus COVID-19 di klaster Liga 1 2021/2022. Tidak kurang 100 pemain dan ofisial berbagai klub terpapar COVID-19.

"Namun, tingkat kesembuhan juga relatif tinggi, yakni sebanyak 70 persen dalam rentang waktu 4-5 hari," kata Yunus Nusi.

"Sisanya saat ini sedang dalam masa pemulihan. Saya rasa pemain memiliki antibodi dan stamina yang tinggi. Jadi kalau pun kena COVID-19, tidak butuh waktu lama untuk recovery dan akhirnya dinyatakan sembuh,” tuturnya menambahkan.

Baca Juga:

Persija Umumkan Penambahan Kasus Positif COVID-19 Jelang Lawan Arema FC

Hasil Liga 1: Madura United Imbang dengan Persela Lamongan

Yunus Nusi menjelaskan bahwa PSSI terus memantau situasi penyebaran COVID-19 di berbagai daerah, khususnya di Jawa dan Bali.

Namun karena berbagai pertimbangan, PSSI memutuskan bahwa lanjutan kompetisi khususnya seri empat bakal tetap dihelat di Pulau Dewata.

"Pertimbangan itu antara lain terkait jadwal Liga 1, FIFA, AFC, dan AFF, perjanjian dengan broadcaster, kontrak pemain, dll."

"Selain itu merujuk regulasi Liga 1 pada Ayat 5 : Jika ada pemain dan/atau ofisial yang tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertandingan karena kasus COVID-19 yang terkonfirmasi oleh Satuan Tugas COVID-19, klub diminta untuk mendatangkan bila ada pemain standby di kota domisili/lainnya yang telah terdaftar dari 35 pemain yang didaftarkan."

"Itu dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pertandingan tetap dapat dijalankan sesuai jadwal. (prosedur pengesahan pemain tetap sama)."

PSSI PT Liga Indonesia Baru PT LIB Yunus Nusi Liga 1 COVID-19 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan