PSSI dan PT LIB Gelar Pertemuan Bahas Pelanggaran Suporter Tandang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 08 Agustus 2023
PSSI dan PT LIB Gelar Pertemuan Bahas Pelanggaran Suporter Tandang
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali saat diwawancara awak media. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) pada hari ini, Selasa (8/8), akan mengadakan rapat terkait dengan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan suporter sampai pekan keenam BRI Liga 1 2023/2024 berjalan.

Pembahasan ini berkaitan dengan pelanggaran regulasi tentang kehadiran suporter tim tamu di stadion. Aturan ini seringkali dilanggar.

Dalam beberapa pertandingan, sering dijumpai suporter tim tamu yang nekat datang, meski tidak membawa atribut klub yang didukungnya. Selama ini PSSI melalui komite disiplin atau komdis hanya memberikan sanksi denda terhadap klub jika pelanggaran tersebut terjadi.

Ternyata hukuman itu tidak berpengaruh. Larangan terhadap suporter untuk away dianggap tidak efektif.

"Besok (hari ini-Red), saya akan memimpin rapat LIB dengan komdis dan komite terkait," kata Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus Komisaris Utama PT LIB, Zainudin Amali.

Baca Juga:

PSM Menang di Kandang Persita, Bali United Ditahan Persik

Persib Dijamu Persis Solo, Bojan Hodak Singgung Kiprah di Malaysia

Namun, Amali menegaskan bahwa dalam rapat tersebut PT LIB tidak mempunyai kewenangan soal kebijakan. Terkait jenis sanksi, kata Amali, diatur oleh PSSI dan dituangkan dalam kode disiplin.

"Semuanya kita serahkan ke komdis. Kalau tidak puas, silakan minta ke komite banding," ucap Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia periode 2019-2023 tersebut.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengamini pernyataan Amali. Ferry mengatakan PT LIB hanya sebagai operator yang menjalankan kebijakan dari PSSI selaku regulator.

"Kita hanya menjalankan regulasi yang ditetapkan PSSI, kemudian ada payung hukum lainnya di kode disiplin, itu juga datangnya dari PSSI. Ya coba ditanyakan ke PSSI," ucap Ferry.

#BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 Zainudin Amali Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.329

Bagikan