PSSI Beri Penjelasan soal Batalnya Chow Yun Damanik Bela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 31 Oktober 2023
PSSI Beri Penjelasan soal Batalnya Chow Yun Damanik Bela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17
Aksi Chow Yun Damanik (Instagram Yun Damanik)

BolaSkor.com - Pemain diaspora, Chow Yun Damanik, batal membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. PSSI pun memberikan penjelasan mengenai batalnya Chow Yun Damanik membela Skuad Garuda Muda.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan proses Chow Yun Damanik untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) memakan waktu. Pasalnya, status sang ibu yang bukan lagi menjadi WNI.

Chow Yun Damanik merupakan pemain keturunan Indonesia berkewarganegaraan Swiss. Sang ayah merupakan Warga Negara Pantai Gading, sedangkan sang ibu yang tadinya WNI berpindah jadi Warga Negara Swiss.

"Kami terus melakukan komunikasi sampai kemarin meminta dokumen kapan pelepasan WNI Ibunya, yang sayangnya sampai hari ini tidak bisa diberikan oleh keluarganya," ujar Arya Sinulingga.

Baca Juga:

Chow Yun Damanik Batal, Timnas Indonesia U-17 Hanya Diperkuat Dua Pemain Diaspora di Piala Dunia

Lama di Jerman, Timnas Indonesia U-17 Harus Adaptasi Cuaca Lagi di Indonesia

"Jadi kami dari PSSI walau sangat berat tetap harus mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia dan tidak bisa melanggar regulasi tersebut, karena tidak ada yang boleh dikecualikan," jelasnya.

Chow Yun Damanik sudah bergabung di Timnas Indonesia U-17 sejak mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jerman pada 18 September sampai 23 Oktober kemarin.

Selama di Jerman, pemain berusia 16 tahun itu berhasil menyumbang satu gol untuk Skuad Garuda Muda saat kalah 2-3 dari FC Koln U-17, dalam uji coba yang digelar di RheinEnergie Sportpark, Koln, Jerman, Jumat (20/10) malam WIB.

Saat ini, Timnas Indonesia U-17 sedang berlatih di Jakarta hingga 3 November mendatang, sebelum bertolak ke Surabaya.

Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia dari 10 November sampai 2 Desember mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama.

Seluruh laga Grup A dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Timnas Indonesia U-17 menjalani laga perdana menghadapi Ekuador pada 10 November.

Adapun tiga venue lainnya untuk Piala Dunia U-17 2023 adalah Jakarta International Stadium (JIS, Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Manahan (Solo).

Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia U-17 Breaking News Pssi Arya Sinulingga
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.105

Bagikan