Chow Yun Damanik Batal, Timnas Indonesia U-17 Hanya Diperkuat Dua Pemain Diaspora di Piala Dunia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 30 Oktober 2023
Chow Yun Damanik Batal, Timnas Indonesia U-17 Hanya Diperkuat Dua Pemain Diaspora di Piala Dunia
Aksi Chow Yun Damanik saat memperkuat Timnas Indonesia U-17 dalam sebuah laga uji coba. (instagram)

BolaSkor.com - Peluang Chow Yun Damanik memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 tertutup. Kabar ini disampaikan oleh pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti.

Bima mengatakan bahwa Chow sebetulnya masuk dalam kriteria yang dibutuhkan Garuda Asia. Namun, pemain yang lahir dan besar di Swiss itu terkendala paspor.

Sebagai informasi, sistem kewarganegaraan ganda tidak dikenal di Indonesia. Seseorang harus meninggalkan kewarganegaraan sebelumnya jika ingin menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

"Orang tuanya paspornya dua-dua sudah Swiss. Ya, ibunya orang Indonesia tapi sudah (menjadi warga negara) Swiss. Kalau dia harus bikin paspor Indonesia, saya enggak tau ya, tapi kan harus melepas yang Swiss. Karena kita kan enggak boleh (kewarganegaraan ganda). Beda sama negara-negara yang punya aturan dia boleh-boleh memiliki dua paspor. Jadi dia harus melepas paspor Swiss-nya gitu," kata Bima Sakti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (30/10).

Bima Sakti menyayangkan hal ini. Sebab, Chow sebetulnya dibutuhkan oleh Timnas Indonesia U-17 untuk bersaing di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:

Lama di Jerman, Timnas Indonesia U-17 Harus Adaptasi Cuaca Lagi di Indonesia

Panama Kurang Meyakinkan di Turki Jelang Persaingan dengan Timnas Indonesia U-17

Kemampuan pemain FC Lausanne U-17 itu sudah terbukti saat bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman beberapa waktu lalu. Chow bahkan sempat membuat gol dalam sebuah pertandingan uji coba.

"Iya (tidak bisa bermain), padahal kita butuh banget. Dia bagus banget," ucap Bima.

Bima berharap hal ini tidak membuat keinginan Chow bermain untuk Timnas Indonesia pudar. Sebab, pemain Bima punya rencana lain untuk Chow.

"Kemungkinan besar dia bisa kami pakai nanti di Timnas U-20 ke depannya nanti," ujarnya.

Sementara itu, paspor dua pemain diaspora lainnya, Welber Jardim dan Amar Rayhan Brkic disebut sudah aman. Welber bahkan sudah berada di Jakarta dan sedang mengikuti persiapan akhir Timnas Indonesia U-17 sebelum Piala Dunia U-17 2023 dimulai pada 10 November nanti yang dibuka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

"Amar izin karena ada dua pertandingan kemarin terakhir dia main. Sebenarnya masih ada dua pertandingan lagi, tapi kami minta dia harus cepat datang, karena butuh untuk adaptasi dengan cuaca di Indonesia. Jadi mungkin Amar hari ini sampai dan semoga besok sudah bisa latihan," tutur Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia U-17 Welber Jardim Bima sakti Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.392

Bagikan