Timnas Indonesia

Profil Nathan Tjoe-A-On: Armada Terbaru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 13 Maret 2024
Profil Nathan Tjoe-A-On: Armada Terbaru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia
Nathan Tjoe-A-On mencium bendera Merah-Putih. (PSSI)

BolaSkor.com - Pemain SC Heerenveen, Nathan Tjoe-A-On, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Nathan mengucapkan sumpah dan janji setia pewarganegaraan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3).

Selepas pengucapan sumpah itu, Nathan langsung mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan juga paspor. Paspor menjadi salah satu dokumen yang diperlukan untuk proses berikutnya, yakni perubahan federasi di FIFA dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

Pengesahan perubahan federasi di FIFA itu diperlukan supaya Nathan Tjoe-A-On bisa memperkuat Timnas Indonesia. Agenda terdekat Skuad Garuda adalah menghadapi Vietnam dua kali dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Baca Juga:

Nathan Tjoe-A-On Resmi Jadi WNI

Demi Lawan Vietnam, PSSI Kebut Perpindahan Federasi Nathan Tjoe-A-On

Dengan bergabungnya Nathan, maka pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong punya tambahan opsi di lini belakang, terutama di pos bek kiri. Shin Tae-yong selama ini bertumpu pada Pratama Arhan, Edo Febriansyah dan Shayne Pattynama.

Lantas, siapakah Nathan Tjoe-A-On dan bagaimana dia membangun karier sepak bola di Eropa. Berikut ulasan singkatnya.

Punya Darah Indonesia dari Kakek Asal Semarang

Nathan Tjoe-A-On lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001 (22 tahun). Ia mempunyai darah Indonesia dari sang kakek (ayah dari ibunya) yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Kakek Nathan lahir di Semarang pada 22 Januari 1941. Sang kakek kemudian pindah ke Belanda bersama ibunya setelah ayahnya meninggal dalam perang. Kakek Nathan kemudian menikahi wanita asal Belanda

Perjalanan Karier

Nathan mengawali karier sepak bola di klub Belanda, Excelsior. Dia naik ke tim U-17 Excelsior pada 2016 sebelum promosi ke tim utama pada tahun 2019.

Empat tahun bermain di Excelsior, bakat Nathan tercium oleh klub asal Wales yang berkompetisi di Liga Inggris, Swansea City. Nathan bergabung dengan Swansea pada 13 Agustus 2023.

Namun, kariernya di Swansea mentok sehingga pada pada 25 Januari 2024, Swansea memutuskan untuk meminjamkan Nathan. Nathan dipinjamkan ke SC Heerenveen, klub yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Belanda atau Eredivisie.

Resmi Menjadi WNI

Nathan Tjoe-A-On, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Nathan mengucapkan sumpah dan janji setia pewarganegaraan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3).

Nathan Tjoe-A-On saat disumpah menjadi WNI. (PSSI)

Nathan sebetulnya dijadwalkan mengambil sumpah pada 28 Desember 2023 bersama dengan Jay Idzes. Namun, saat itu Nathan tidak bisa memenuhi undangan karena tidak mendapatkan izin klubnya, Swansea City.

Saingan Baru Pratama Arhan sampai Shayne Pattynama

Nathan Tjoe-A-On menambah daftar pemain keturunan di skuad Timnas Indonesia. Kedatangannya pun membuat persaingan di posisi bek kiri menjadi semakin panas.

Sejak tahun 2020, Pratama Arhan selalu diandalkan Shin Tae-yong untuk mengawal sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia. Arhan kemudian mendapatkan saingan setelah Edo Febriansyah tampil cemerlang di Liga 1 dan Shayne Pattynama serta Nathan Tjoe-A-On dinaturalisasi.

Profil Nathan Tjoe-A-On

Nama lengkap: Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On

Tempat, tanggal lahir: Rotterdam, 22 Desember 2001

Posisi: Bek kiri, Bek

Kaki dominan: Kiri

Tinggi: 182 sentimeter (cm)

Klub: SC Heerenveen (pinjaman dari Swansea City sampai 30 Juni 2024)

Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan