Euro 2024

Profil Grup C Euro 2024: Inggris Dikepung Kuda Hitam

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 06 Juni 2024
Profil Grup C Euro 2024: Inggris Dikepung Kuda Hitam
Jude Bellingham (x)

BolaSkor.com - Grup C Euro 2024 menjadi salah satu grup yang menarik perhatian. Grup ini terdiri dari empat tim, Inggris, Denmark, Serbia, dan Slovenia.

Inggris, tentunya menjadi pusat perhatian utama. The Three Lions secara konsisten dianggap sebagai favorit dalam setiap turnamen.

Kali ini Inggris harus bersaing tim-tim yang layak disebut sebagai kuda hitam, Denmark dan Serbia.

Berikut ini adalah profil tim di Grup C.

Baca Juga:

Video Anak Gawang: Final Liga Champions Dulu, Baru Euro 2024

Profil Grup A Euro 2024: Jerman Favorit Lolos ke Fase Gugur

Profil Grup B Euro 2024: Perjuangan Spanyol dan Italia di Grup Neraka


Denmark

Denmark mencatat prestasi terbaik dalam turnamen saat menjadi juara pada 1992. Mereka kembali menorehkan sejarah di Euro 2020 dengan mencapai semifinal.

Namun kali ini sulit mengharapkan tim berjuluk Dinamit kembali mengulang performa mereka saat itu. Sekali lagi, Denmark dikenal sebagai tim yang senang memuat kejutan.

Dengan skuad yang berpengalaman dan bertalenta mereka siap bersaing. Tim Dinamit saat ini diperkuat bintang-bintang yang berlaga di Inggris seperti Joachim Andersen, Christian Eriksen, Pierre-Emile Hojbjerg, Mathias Jensen, dan Rasmus Hojlund. Mereka adalah pemain yang tampil konsisten di klub mereka.

Pelatih Kasper Hjulmand juga telah membuktikan kemampuannya di panggung internasional. Sejak diangkat pada 2020, dia telah membawa Denmark dengan lolos ke tiga turnamen internasional.

Pelatih: Kasper Hjulmand

Pemain Kunci: Joachim Andersen, Christian Eriksen, Pierre-Emile Hojbjerg, Mathias Jensen, Kasper Schmeichel, Rasmus Hojlund.

Skuad Denmark

Kiper: Kasper Schmeichel (Anderlecht), Frederik Ronnow (Union Berlin), Mads Hermansen (Leicester City)

Belakang: Andreas Christensen (Barcelona), Simon Kjaer (AC Milan), Joachim Andersen (Crystal Palace), Jannik Vestergaard (Leicester City), Victor Nelsson (Galatasaray), Alexander Bah (Benfica), Joakim Maehle (VfL Wolfsburg), Rasmus Kristensen (AS Roma), Victor Kristiansen (Bologna)

Tengah: Christian Eriksen (Manchester United), Thomas Delaney (Anderlecht), Morten Hjulmand (Sporting CP), Pierre-Emile Højbjerg (Tottenham Hotspur), Christian Nørgaard (Brentford), Mathias Jensen (Brentford), Mikkel Damsgaard (Brentford), Jacob Bruun Larsen (Burnley), Andreas Skov Olsen (Club Brugge)

Depan: Anders Dreyer (Anderlecht), Kasper Dolberg (Anderlecht), Rasmus Højlund (Manchester United), Jonas Wind (VfL Wolfsburg), Yussuf Poulsen (RB Leipzig).


Inggris

Inggris akan tampil untuk kali ke-11 di Euro, dengan pencapaian terakhir mereka mencapai final Euro 2020 sebelum dikalahkan oleh Italia.

Dalam Kualifikasi Euro 2024, Inggris berprestasi cemerlang dengan menjadi juara grup, meninggalkan Italia, yang mengalahkan mereka di final Euro 2020, di posisi kedua. Inggris berhasil meraih enam kemenangan, dua hasil imbang, dan tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan.

Walaupun mengalami gangguan akibat cedera pemain kunci seperti Harry Kane dan Bukayo Saka, Inggris tetap memiliki banyak pemain berbakat seperti Jude Bellingham, Phil Foden, dan Declan Rice.

Saat ini, Inggris dianggap sebagai salah satu favorit. Dengan skuad yang mereka miliki, banyak yang berpendapat bahwa Inggris berpotensi untuk memenangkan trofi besar pertama mereka sejak Piala Dunia 1966, sebuah tantangan signifikan bagi pelatih Gareth Southgate untuk mengakhiri puasa gelar.

Denmark, Slovenia, dan Serbia merupakan lawan yang kuat yang tidak boleh diremehkan. Namun, dengan barisan pemain bintang yang sedang naik daun, Inggris diperkirakan akan dapat melaju dengan lancar dari Grup C.

Jude Bellingham, salah satu bintang yang sedang naik daun, berusia 20 tahun dan telah menjadi bagian penting dari skuad Real Madrid musim ini.

Prestasinya di klub diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi Inggris di Euro 2024.

Pelatih: Gareth Southgate

Pemain Kunci: Jude Bellingham, Harry Kane, Declan Rice, John Stones, Phil Foden.


Skuad Awal Inggris

Kiper: Dean Henderson (Crystal Palace), Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Arsenal), James Trafford (Burnley)

Belakang: Jarrad Branthwaite (Everton), Lewis Dunk (Brighton & Hove Albion), Joe Gomez (Liverpool), Marc Guehi (Crystal Palace), Ezri Konsa (Aston Villa), Harry Maguire (Manchester United), Jarell Quansah (Liverpool), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Newcastle United), Kyle Walker (Manchester City)

Tengah: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Jude Bellingham (Real Madrid), Conor Gallagher (Chelsea), Curtis Jones (Liverpool), Kobbie Mainoo (Manchester United), Declan Rice (Arsenal), Adam Wharton (Crystal Palace)

Depan: Jarrod Bowen (West Ham United), Eberechi Eze (Crystal Palace), Phil Foden (Manchester City), Anthony Gordon (Newcastle United), Jack Grealish (Manchester City), Harry Kane (Bayern Munich), James Maddison (Tottenham Hotspur), Cole Palmer (Chelsea), Bukayo Saka (Arsenal), Ivan Toney (Brentford), Ollie Watkins (Aston Villa)


Serbia

Euro 2024 akan menandai penampilan perdana Serbia di turnamen Piala Eropa. Terakhir kali mereka tampil pada 2000 sebagai bagian dari Yugoslavia.

Serbia kembali ke panggung sepak bola Eropa dengan bendera mereka sendiri. Mereka berhasil lolos ke putaran final Euro 2024 sebagai runner-up Grup G di babak kualifikasi, mengumpulkan 14 poin dari delapan pertandingan.

Serbia menjadi tim yang patut diperhatikan. Dipimpin oleh pemain berpengalaman seperti Dusan Tadic sebagai kapten, dan didukung oleh Aleksandar Mitrovic, Dusan Vlahovic, dan Luka Jovic di lini depan, serta Sergej Milinkovic-Savic dan Djordje Petrovic.

Serbia akan dilatih Dragan Stojkovic, legenda sepak bola Serbia, dikenal selama kariernya di Red Star Belgrade, Marseille, Verona, dan Nagoya Grampus.

Pada 2021, pria berusia 59 tahun tersebut diangkat menjadi pelatih dan berhasil membawa mereka lolos ke Piala Dunia 2022.

Di Euro 2024, Serbia bisa menjadi kuda hitam karena dihuni pemain yang sudah beredar di Eropa. Serbia juga memiliki barisan serang yang wajib diwaspadai.

Mereka memiliki Aleksandar Mitrovic, pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Serbia dan Dusan Vlahovic diharapkan akan tampil cemerlang di Euro 2024.

Aleksandar Mitrovic menjadi pencetak gol terbanyak untuk Serbia di Grup G Kualifikasi Euro 2024 dengan lima gol. Sedangkan Dusan Vlahovic meskipun mengalami musim yang menantang bersama Juventus, dia memainkan peran kunci dengan mencetak gol kemenangan Juventus dalam final Coppa Italia melawan Atalanta.

Pada usia 24 tahun, ia telah bermain 25 kali untuk Serbia dengan menyumbang 13 gol dan diharapkan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar di Euro 2024.


Pelatih: Dragan Stojkovic

Pemain Kunci: Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic, Aleksandar Mitrovic, Dusan Vlahovic, Luka Jovic.

Skuad Serbia

Kiper: Vanja Milinkovic-Savic (Torino), Djordje Petrovic (Chelsea), Predrag Rajkovic (Mallorca)

Belakang: Strahinja Pavlovic (FC Salzburg), Nikola Milenkovic (Fiorentina), Srdan Babic (Spartak Moscow), Milos Veljkovic (Werder Bremen), Uros Spajic (Red Star Belgrade), Nemanja Stojic (TSC Backa Topola)

Tengah: Saaa Luki (Fulham), Nemanja Gudelj (Sevilla) Nemanja Maksimovic (Getafe), Ivan Ilic (Torino), Srdan Mijailovic (Red Star Belgrade), Sergej Milinkovic-Savic (Al Hilal), Dusan Tadic (Fenerbahce), Lazar Samardzic (Udinese), Veljko Birmancevic (Sparta Prague), Filip Kostic (Juventus), Andrija Zivkovic (PAOK), Filip Mladenovic (Panathinaikos), Mijat Gacinovic (AEK Athens)

Depan: Aleksandar Mitrovic (Al Hilal), Dusan Vlahovic (Juventus), Luka Jovic (AC Milan), Petar Ratkov (FC Salzburg)


Slovenia

Slovenia pernah mengejutkan ketika tampil di Euro 2000. Itu pertama kalinya mereka tampil di turnamen utama. Dua tahun kemudian, mereka kembali lolos ke final Piala Dunia 2002.

Delapan tahun berikutnya, Slovenia kembali beraksi, tepatnya dengan lolos ke Piala Dunia 2010.

Namun, dari ketiga ajang tersebut, Slovenia hanya gagal lolos dari fase grup. Setelah itu, mereka tidak lagi hadir baik di Piala Eropa maupun Piala Dunia.

Setelah 24 tahun absen, Slovenia kembali ke Piala Eropa. Di bawah bimbingan Matjaz Kek, Jan Oblak dan rekan-rekannya berhasil lolos ke Euro 2024.

Slovenia mengamankan tiket Euro 2024 di pertandingan terakhir kualifikasi grup dengan kemenangan 2-1 atas Kazakhstan.

Dari komposisi Grup C, tampaknya akan sangat sulit bagi Slovenia untuk melaju ke fase knockout.

Keberhasilan Slovenia lolos ke Euro 2024 tidak lepas dari kontribusi pemain muda mereka, Benjamin Sesko. Gol yang dicetaknya ke gawang Kazakhstan pada pertandingan terakhir kualifikasi grup mengantarkan Slovenia ke Euro 2024.

Bintang RB Leipzig ini telah mencetak lima gol selama kualifikasi. Dia adalah pencetak gol terbanyak kedua setelah Rasmus Hojlund dari Denmark yang mencetak tujuh gol.


Pelatih: Matjas Kek

Pemain Kunci: Benjamin Sesko, Jan Oblak, Josip Ilicic.

Skuad Slovenia

Kiper: Jan Oblak (Atletico Madrid), Vid Belec (Apoel Nicosia), Igor Vekic (Vejle BK), Matevz Vidovsek (Olimpija Ljubljana)

Belakang: Petar Stojanovic (Sampdoria), Jaka Bijol (Udinese), Miha Blazic (Lech Poznan), Jure Balkovec (Alanyaspor), Zan Karnicnik (NK Celje), David Brekalo (Orlando City SC), Erik Janza (Gornik Zabrze), Vanja Drkusic (Sochi), Zan Zaletel (Viborg FF)

Tengah: Timi Max Elsnik (Olimpija Ljubljana), Jasmin Kurtic (Sudtirol), Benjamin Verbic (Panathinaikos), Miha Zajc (Fenerbahce), Sandi Lovric (Udinese), Adam Gnezda Cerin (Panathinaikos), Jon Gorenc Stankovic (SK Sturm Graz), Timi Max Elsnik (Olimpija Ljubljana), Tomi Horvat (SK Sturm Graz), Adrian Zeljkovic (FC Spartak Trnava), Nino Zugelj (Bodo/Glimt)

Depan: Josip Ilicic (NK Maribor), Andraz Sporar (Panathinaikos), Benjamin Sesko (RB Leipzig), Luka Zahovic (Pognon Szczecin), Zan Celar (FC Lugano), Jan Mlakar (Pisa), Zan Viptonik (Bordeaux)

Timnas Inggris Timnas denmark Timnas serbia Timnas slovenia Euro 2024 Piala Eropa 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.548

Berita Terkait

Piala Eropa
Euro 2024: Toni Kroos Emoh Dipensiunkan Spanyol
Toni Kroos menegaskan laga malwan Spanyol tidak akan menjadi yang terakhir baginya.
Yusuf Abdillah - Kamis, 04 Juli 2024
Euro 2024: Toni Kroos Emoh Dipensiunkan Spanyol
Ragam
3 Faktor yang Bisa Membuat Portugal Menyingkirkan Prancis
Apa saja yang bisa membuat Portugal mengalahkan Prancis pada perempat final Euro 2024?
Johan Kristiandi - Kamis, 04 Juli 2024
3 Faktor yang Bisa Membuat Portugal Menyingkirkan Prancis
Piala Eropa
Portugal Vs Prancis: Bukan Sekadar Ronaldo Kontra Mbappe
Diogo Costa akan saling beradu penyelamatan dengan Mike Maignan pada duel Portugal Vs Prancis.
Johan Kristiandi - Kamis, 04 Juli 2024
Portugal Vs Prancis: Bukan Sekadar Ronaldo Kontra Mbappe
Timnas
Erick Thohir: Timnas Indonesia U-16 Punya Mental Pemenang
Timnas Indonesia U-16 meraih posisi ketiga terbaik, setelah mengalahkan Vietnam U-16 5-0.
Tengku Sufiyanto - Kamis, 04 Juli 2024
Erick Thohir: Timnas Indonesia U-16 Punya Mental Pemenang
Liga Indonesia
Jupe Jadi Pemain Sekaligus Asisten Pelatih di Persib
Achmad Jufriyanto ditunjuk sebagai player coach.
Tengku Sufiyanto - Kamis, 04 Juli 2024
Jupe Jadi Pemain Sekaligus Asisten Pelatih di Persib
Timnas
Pelatih Vietnam U-16: Selamat Indonesia untuk Kemenangan yang Menakjubkan
Timnas Vietnam U-16, Tran Minh Chien, memuji kualitas Timnas Indonesia U-16 yang membantai timnya 0-5 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7) sore.
Tengku Sufiyanto - Kamis, 04 Juli 2024
Pelatih Vietnam U-16: Selamat Indonesia untuk Kemenangan yang Menakjubkan
Spanyol
Respons Nico Williams Usai Dikaitkan dengan Barcelona
Apakah Nico Williams tertarik pindah ke Barcelona?
Johan Kristiandi - Kamis, 04 Juli 2024
Respons Nico Williams Usai Dikaitkan dengan Barcelona
Inggris
Kedatangan Dan Ashworth Jadi Mimpi Buruk Harry Maguire
Dan Ashworth putuskan Mancheter United akan jual Harry Maguire.
Johan Kristiandi - Kamis, 04 Juli 2024
Kedatangan Dan Ashworth Jadi Mimpi Buruk Harry Maguire
Piala Eropa
Euro 2024: Phil Foden Kasihan Gareth Southgate Sering Jadi Kambing Hitam
Stop jadikan Gareth Southgate kambing hitam atas penampilan jeblok timnas Inggris pada Euro 2024.
Johan Kristiandi - Kamis, 04 Juli 2024
Euro 2024: Phil Foden Kasihan Gareth Southgate Sering Jadi Kambing Hitam
Inggris
Riccardo Calafiori Jadi Incaran Arsenal, Bologna Ngotot Jual dengan Harga Rp881 Miliar
Riccardo Calafiori yang jadi rebutan Arsenal dan Chelsea dipatok dengan harga 50 juta euro atau Rp881 miliar.
Johan Kristiandi - Kamis, 04 Juli 2024
Riccardo Calafiori Jadi Incaran Arsenal, Bologna Ngotot Jual dengan Harga Rp881 Miliar
Bagikan