Piala Asia U-23 2024

Profil Ernando Ari Sutaryadi: Striker Amatir yang Jadi Kiper Nomor Wahid Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 19 April 2024
Profil Ernando Ari Sutaryadi: Striker Amatir yang Jadi Kiper Nomor Wahid Timnas Indonesia
Ernando Ari Sutaryadi. (Instagram Ernando)

BolaSkor.com - Kiper Ernando Ari Sutaryadi menjadi pahlawan saat Timnas Indonesia U-23 menumbangkan Australia 1-0 pada laga kedua Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Kamis (18/4) malam WIB.

Gawang Indonesia terancam bobol saat Komang Teguh melalukan handsball di kotak terlarang. Tetapi kiper Persebaya Surabaya ini dengan percaya diri menepis eksekusi penalti Mohamed Toure di babak pertama.

Baca Juga:

Erick Thohir Tak Mau Paksakan Emil Audero Bela Timnas Indonesia

Ulang Tahun Ke-94 PSSI, Erick Thohir Bicara Target Timnas Indonesia ke Olimpiade dan Piala Dunia

Sepanjang permainan Timnas Indonesia U-23 memang tak dibiarkan mengambil nafas. Walau begitu, ia sanggup menjaga kesucian gawangnya hingga akhir laga.

Kemampuan Ernando di bawah mistar memang layak diacungi jempol. Tetapi, sejatinya pria asal Semarang itu tak pernah berniat menjadi penjaga gawang.

Kisah Striker Amatir hingga Jadi Kiper

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Saat masih menimba ilmu di beberapa sekolah sepak bola (SSB), dirinya lebih memilih menjadi seorang penyerang. Peran itu terus dilakukannya sampai akhirnya dia bergabung dengan SSB Goal Keeping.

Dari situ, namanya meroket hingga PPLP Jawa Tengah merekrutnya. Ernando pada akhirnya mendapat panggilan Timnas Indonesia U-16 era Fakhri Husaini yang bersiap untuk ajang AFF Cup U-16 2018.

Kiper yang kini berusia 22 tahun itu tampil menawan di turnamen tersebut. Dalam babak adu penalti kontra Thailand di partai puncak, dia mampu menepis dua algojo penalti lawan untuk merebut gelar juara.

Setelah tampil di Piala AFF U-16 2018, Ernando kemudian bergabung dengan Elite Pro Academy (EPA) Persebaya Surabaya. Dia juga masuk dalam daftar pemain yang ikut dalam program Garuda Select.

Dua tahun membela Persebaya junior, Ernando dipercaya promosi ke Persebaya senior pada 2020 lalu. Sayang, saat itu Ernando sempat mengalami cedera parah dan harus menepi sekitar empat bulan untuk pemulihan.

Setelah pulih Ernando mampu membuktikan dirinya. Di usianya yang masih sangat belia, Ernando mampu bersaing dengan kiper senior dan dipercaya menjadi kiper utama Persebaya hingga saat ini.

Tembus Timnas Indonesia Senior

Emiliano Martinez saat memberikan applause kepada Ernando Ari Sutaryadi, saat Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6). (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

Di level Internasional, karier Ernando juga terbilang mulus. Sejak 2018 dia tidak pernah absen dari pemanggilan Timnas Indonesia. Bahkan, sudah rutin menembus Timnas Indonesia senior di usia 20 tahun.

Bersama Timnas Indonesia kelompok usia, Ernando juga sudah dua kali merasakan gelar juara. Selain trofi AFF Cup U-16 2018, Ernando juga sukses mempersembahkan medali emas SEA Games 2022.

Sementara itu, duel versus Australia kemarin malam juga menjadi ajang balas dendam bagi Ernando. Sejak membela Timnas Indonesia kelompok usia di 2018 lalu, dia selalu kalah dari Australia.

Pertemuan pertama terjadi bersama Timnas Indonesia U-16 pada babak 8 besar Piala Asia U-17 2018. Sayangnya, saat itu Garuda Asia dipaksa menyerah 2-3 dari Australia sekaligus mengubur mimpinya berlaga di Piala Dunia U-17.

Aksi Ernando Ari Sutaryadi saat Timnas Indonesia menghadapi Argentina. (Instagram.com/nandoariiiss)



Perjumpaan kedua dan ketiga terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Lagi-lagi, pertandingan yang berlangsung dalam dua leg itu berujung kegagalan usai Australia menang agregat dengan skor 2-4.

Terakhir, dirinya kembali bertemu Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 lalu. Walau tampip hebat di bawah mistar, Timnas Indonesia harus menyerah 0-4 dari lawan yang lebih matang.

Hingga akhirnya, rasa penasaran Ernando atas Australia terbayarkan di pertandingan kemarin. Selebrasi ala Shaolin Soccer menunjukkan seberapa jauh mentalitasnya berkembang di kancah internasional. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama)

Ernando Ari Sutaryadi Timnas Indonesia Timnas indonesia u-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.182

Bagikan