Profesionalisme Keluarga Valente di Derbi Jatim Mirip Kisah Ayah dan Anak di Ajax Vs Twente

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 25 September 2023
Profesionalisme Keluarga Valente di Derbi Jatim Mirip Kisah Ayah dan Anak di Ajax Vs Twente
Ze Valente tampil apik dengan dua gol dan satu assist saat Persebaya Surabaya menang 4-2 atas mantan timnya, PSS Sleman. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Ada kisah mengharukan yang tertinggal dalam pertandingan Derbi Jawa Timur (Jatim) antara Persebaya Surabaya kontra Arema FC di pekan ke-13 lanjutan Liga 1 2023/2024. Pada laga yang dimenangkan Persebaya dengan skor 3-1 dari tamunya, Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (23/9) kemarin.

Duel antara Persebaya dengan Arema FC memiliki arti yang lebih bagi sosok Jose Fernando Martins Valente dan Jose Pedro Magalhaes Valente. Keduanya merupakan ayah dan anak yang saling berseteru di atas lapangan.

Meski begitu, keduanya menunjukkan profesionalitas. Bahkan, pemain yang dikenal dengan nama Ze Valente itu menjadi salah satu penyumbang gol kemenangan 3-1 Persebaya atas Singo Edan.

Baca Juga:

Media Officer Dihajar, Manajemen Madura United Bakal Seret Oknum Suporter PSS Sleman ke Penjara

Reaksi Kiper PSS Sleman Setelah Marian Mihail Ajukan Pengunduran Diri

Tak sekadar gol biasa. Ze Valente melesakan gol cantik dari luar kotak penalti yang tak mampu digapai Julian Schwarzer Garcia, kiper Arema FC. "Itu gol yang bagus. Tapi yang paling penting saya membantu tim menang. Kami bekerja sangat keras," ungkap gelandang asal Portugal itu.

Ze Valente merasa kemenangan Bajol Ijo atas Arema FC cukup spesial. Dia juga menegaskan jika menjunjung profesionalitas. Keberhasilan pemain berusia 29 tahun itu membuat Persebaya naik ke peringkat keenam klasemen sementara Liga 1.

"(Saya) pernah bermain menghadapi ayahku beberapa tahun lalu. Jadi ini bukan kali pertama. Tetapi selalu spesial. Saya profesional, ketika laga mulai saya melupakan semuanya dan hanya fokus membantu Persebaya," tegas Ze Valente.

Usai laga, Ze Valente langsung menemui sang ayahnya di dekat bench Arema FC. Keduanya langsung berjabat tangan, berangkulan dan berpelukan meluapkan emosinya. Lantas apa yang disampaikan sang ayah?

"Dia hanya bilang selamat, saya juga mengucapkan itu padanya. Saya harap dia lebih baik dan saya berharap dia bisa mendapat lebih banyak poin di pertandingan lain. Saya juga akan melakukan hal yang sama di Persebaya," pungkasnya.

Sebelumnya, kisah serupa tersaji di kompetisi Eredivisie, kasta teratas Liga Belanda. Tepatnya pada laga pekan kelima antara FC Twente melawan tamunya, Ajax Amsterdam di Stadion De Grolsch Veste (17/9) lalu.

Ajax Amsterdam asuhan Maurice Steijn kalah 3-1 dari FC Twente. Dimana gol kedua FC Twente dicetak oleh Sem Steijn, yang merupakan anak kandung dari mantan arsitek tim Sparta Rotterdam tersebut.

Hasil itu membuat Ajax terjerembap di peringkat 12, dari 4 laga mereka baru menang sekali, imbang dua kali, dan sekali kalah. Bandingkan dengan posisi FC Twente yang ada di peringkat 3, empat laga berhasil mereka sapu bersih. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Fernando Valente Ze Valente Liga 1 Persebaya surabaya Arema FC
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan