Prestasi Membanggakan Indonesia dari Cabor Debutan SEA Games 2023, Kun Bokator

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 10 Mei 2023
Prestasi Membanggakan Indonesia dari Cabor Debutan SEA Games 2023, Kun Bokator
Kun bokator dari petarung asal Indonesia (NOC Indonesia/Evan Andraws)

BolaSkor.com - Kun Bokator merupakan satu dari empat cabang olahraga (cabor) baru yang dipertandingkan di SEA Games 2023 Kamboja. Kontingen Indonesia juga turun di nomor tersebut sampai memiliki pelatih dari negara asal kun bokator, Kamboja.

Tim kun bokator Indonesia sukses memenangi tiga medali emas, lima perak, dan 13 perunggu di SEA Games 2023. Hal itu membuat Ketua Umum kun bokator Indonesia, Sugiono, bangga. Pasalnya kun bokator masih asing di Indonesia.

"Bokator merupakan salah satu dari empat cabang olahraga baru di SEA Games 2023, kita bersyukur para atlet mampu meraih juara," ucap Sugiono seperti dilansir dari Antara.

"Prestasi membanggakan Indonesia berhasil memperoleh medali tiga emas, lima perak, 13 perunggu dari cabang kun bokator pada SEA Games 2023, walau olahraga kun bokator masih sangat awam di Tanah Air," terangnya.

Baca Juga:

Peraih Emas Vovinam SEA Games 2023 Persembahkan Emas untuk Masyarakat Indonesia

SEA Games 2023: Soft Tennis Indonesia Persembahkan Medali Emas ke-30

Pelatih Vietnam Bicara soal Peluang Jumpa Timnas Indonesia U-22 atau Myanmar di Semifinal

Kun Bokator (NOC Indonesia/Evan Andraws)

Kun bokator merupakan kearifan lokal dari Kamboja dan seni bela diri tradisional yang sudah diturunkan turun temurun antar generasi. Sugiono berharap kun bokator juga berkembang selayaknya pencak silat di Asia.

"Kamboja mendukung pencak silat yang berasal dari Indonesia, jadi kita dukung kun bokator yang merupakan berasal dari Kamboja," tambah Sugiono.

"Kita berharap, dengan ini akan semakin banyak olahraga bela diri asli Asia Tenggara yang dikenal. Sehingga prestasi olahraga, khususnya bela diri negara-negara ASEAN bisa sejajar dengan negara-negara Asia lainnya," urainya.

Kun Bokator SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan