Presiden Persija Akui Salah Perhitungan sehingga Tak Lengkapi Kuota Pemain Asing

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 27 Juli 2023
Presiden Persija Akui Salah Perhitungan sehingga Tak Lengkapi Kuota Pemain Asing
Presiden Persija, Mohamad Prapanca. (Media Persija).

BolaSkor.com - Presiden Persija Jakarta Mohamad Prapanca secara terbuka mengakui salah perhitungan sehingga timnya tidak melengkapi kuota pemain asing di Liga 1 2023/2024. Persija menjadi satu-satunya peserta Liga 1 yang hanya menggunakan lima pemain impor.

Prapanca mengatakan saat menyusun anggaran, manajemen Persija berpatokan pada hasil sarasehan sepak bola yang digelar PSSI di Surabaya pada 4 Maret 2023.

Saat itu disepakati bahwa setiap klub Liga 1 boleh mengontrak enam pemain asing dengan dengan skema lima bebas dan satu dari negara Asia Tenggara (ASEAN). Namun, dari jumlah tersebut, hanya 5 pemain yang bisa didaftarkan dalam pertandingan.

Prapanca menganggap bahwa dengan regulasi seperti itu maka keberadaan satu pemain asing akan menjadi mubazir. Tapi pada akhirnya keputusan itu direvisi. Setiap klub boleh memainkan semua legiun asingnya dalam satu pertandingan.

"Waktu penyusunan (anggaran), kami pakai konsep itu. Saat itu manajemen telah menyetujui budget yang saya lakukan," kata Prapanca di Persija Store, Jakarta, Kamis (27/7).

Baca Juga:

Marko Simic ke Serbia, Persija Hanya Punya Satu Penyerang Lawan Persebaya

Hadapi Duel Klasik Kontra Persija, Kekuatan Persebaya Pincang

Menurut keterangan Prapanca, aturan mengenai pemain asing diubah hanya tiga pekan sebelum Liga 1 kick off pada 1 Juli. Dengan waktu yang mepet dan anggaran terbatas, Prapanca kesulitan untuk mendatangkan pemain asing keenam.

Sebelumnya Persija sempat dikabarkan tertarik mendatangkan Jiri Skalak. Pelatih Persija, Thomas Doll, dalam beberapa kesempatan juga kerap menyatakan masih butuh tambahan satu pemain yang piawai bermain di belakang penyerang.

"Dalam waktu pendek kita berusaha mencari apa yang jadi keinginan pelatih. (Tapi) pencarian pemain itu akan melanggar kesepakatan saya dengan manajemen budget yang sudah dibuat dan disepakati kalau revisi (lalu) diprogram lagi (anggarannya)," tutur Prapanca.

Adapun lima pemain asing Persija untuk putaran pertama Liga 1 di antaranya adalah Ondrej Kudela (bek), Maciej Gajos (gelandang), Oliver Bias (wingback), Ryo Matsumura (gelandang) dan Marko Simic (penyerang).

Persija jakarta Mohamad Prapanca Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.464

Bagikan