Presiden Jokowi Resmi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 02 Mei 2023
Presiden Jokowi Resmi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja
Presiden Joko Widodo (Foto: YouTube)

BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, telah resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berpatisipasi di SEA Games ke-32 Kamboja. Adapun perhelatan SEA Games tersebut akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 17 Mei 2023.

Pelepasan kontingen Indonesia dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (02/05) pagi WIB. Sebelum dilepas di Istana Negara, kontingen Indonesia telah terlebih dahulu dikukuhkan di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dalam acara pelepasan yang dihelat di Istana Negara turut hadir juga Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Lexyndo Hakim, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, dan Menpora Dito Ariotedjo serta para menteri kabinet Indonesia.

Diawali dengan pemutaran lagu kebangsaan Indonesia, acara dibuka dengan kata sambutan dari Menpora Dito yang menuturkan adanya 599 atlet, 230 pelatih dan ofisial, serta dukungan tim headquarter berjumlah 55 orang dan total 884 orang yang akan bertolak ke Kamboja.

Baca Juga:

Resmi Dikukuhkan, Kontingen SEA Games 2023 Siap Berjuang demi Indonesia

Pesan Menpora untuk Kontingen SEA Games 2023 Kamboja

SEA Games 2023: Menang atas Singapura dan Kamboja, Timnas Hoki Indonesia Makin Optimistis

Kontingen Indonesia akan mengikuti 31 cabang olahraga (cabor) dari total 36 cabor yang dipertandingkan di Kamboja. Setelah pembukaan dari Menpora Dito, acara berlanjut ke penyerahan bendera merah putih yang diserahkan Menpora Dito kepada Lexyndo Hakim.

Pasca penyerahan bendera, Presiden Jokowi memberikan sambutan sekaligus memotivasi kontingen Indonesia. Jokowi memberi arahan dan juga menetapkan target untuk para atlet yang akan berjuang di Kamboja.

"Hari ini saya mau melepas kontigen SEA Games ke-32 ke Kamboja. Yang kita berangkatkan, atletnya sebanyak 599 atlet dan akan mengikuti 31 cabang olahraga," ucap Jokowi.

"Saya hanya pesan di SEA Games di Vietnam, kita memperoleh medali saat itu 69 medali emas dan peringkat kita ada di peringkat tiga, sekarang mestinya lebih dari itu," tutur Presiden Jokowi.

"Saya minta emasnya di atas 69 dan peringkatnya, juga di atas tiga, pilihannya hanya ada dua, peringkat satu atau dua. Ini bukan target yang gampang, yang mudah, tetapi saya lihat seluruh atlet yang ada di sini dan telah berangkat tentunya, telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk nanti berlaga bertanding di Kamboja."

Acara kemudian ditutup dengan doa bersama sebelum Jokowi, didampingi Dito, menemui atlet dan para ofisial tim Kontingen Indonesia.

SEA Games 2023 Breaking News Jokowi Presiden joko widodo Joko widodo
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.398

Bagikan