Resmi Dikukuhkan, Kontingen SEA Games 2023 Siap Berjuang demi Indonesia

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 02 Mei 2023
Resmi Dikukuhkan, Kontingen SEA Games 2023 Siap Berjuang demi Indonesia

BolaSkor.com - Kontingen Tim Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja resmi dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di Lapangan Kemenpora, pada Selasa 2 Mei 2023.

Upacara pengukuhan tersebut dihadiri Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Wakil I Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Suwarno, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Lexyndo Hakim serta para atlet dan ofisial Tim Indonesia yang berangkat ke SEA Games 2023 Kamboja.

Kontingen Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja diperkuat 599 atlet yang tampil di 31 cabang olahraga (cabor). Menpora Dito menargetkan 60 medali emas untuk dibawa pulang demi mempertahankan peringkat tiga di klasemen akhir perolehan medali.

Terkait cabor dan atlet-atlet yang diberangkatkan sudah lebih dulu melalui seleksi dan review dari tim yang terdiri dari akademisi, praktisi dan juga ada perwakilan dari KONI dan KOI. Penetapan kontingen didasarkan pada catatan prestasi, rekam jejak dan pertimbangan-pertimbangan lainnya yang dimiliki oleh atlet.

Menpora Dito berharap pengiriman kontingen SEA Games ini menjadi batu loncatan bagi atlet untuk mempersiapkan diri mengikuti Asian Games 2022 Hangzhou, China sekaligus kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yang tidak akan lama lagi.

"Terima kasih NOC Indonesia, KONI, CdM, tim review, dan seluruh stakeholder cabor, atlet, pelatih dan seluruh kontingen. Hal ini implementasi dari Perpres tentang DBON dan ini diharapkan dengan pembinaan berkelanjutan untuk mampu hasilkan prestasi optimal di multi-event internasional," kata Menpora Dito.

"Multi-event SEA Games dan Asian Games dapat jadikan target antara menuju Olimpiade. Jadi sesuai semangat Ketua NOC, target kita Olimpiade," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, dalam pidatonya memberikan pesan semangat kepada seluruh atlet yang berangkat dan berharap kontingen Merah - Putih dapat meraih emas sebanyak-banyaknya.

"Komite Olimpiade Indonesia memberikan apresiasi setingggi-tingginya kepada Menpora, para deputi, dan tim review atas kolaborasi yang hasilkan skuad tim Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja," ungkap sosok yang karib disapa Okto tersebut.

"Kami beri apresiasi pula cabor yang serius fokus dalam menyiapkan dan melakukan pembinaan prestasi untuk mengantarkan atlet kita rebut emas sebanyak-banyaknya di SEA Games 2023 Kamboja."

"Kepada CdM dan jajaran, kami sampaikan selamat bekerja dan berjuang. Berikan yang terbaik untuk atlet dan para stakeholder sehingga mereka dapat kesempatan kerja semaksimal mungkin," tegasnya.

Di sisi lain, CdM Lexyndo mengaku bersyukur atas kelancaran acara pengukuhan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja. Terlebih, menurut pengamatan Lexyndo, semua atlet yang berangkat sudah dalam performa terbaik untuk memberikan yang terbaik bagi Merah - Putih di SEA Games mendatang.

"Alhamdulillah ini merupakan momen yang sangat ditunggu oleh kami dan seluruh atlet karena secara ofisial dan seremonial dikukuhkan oleh Menpora dan Ketua KOI. Atlet juga Insya Allah sudah dalam performa terbaiknya saat SEA Games nanti, apalagi mereka sudah diperhatikan sangat baik oleh masing-masing cabornya," ujar sosok yang karib disapa Lexy tersebut.

"Lalu, juga ada cabor yang sudah berangkat seperti sepakbola, hoki, dan kriket. Menyusul nanti rombongan besar akan berangkat, jadi sekarang kami hanya membutuhkan doa dan dukungan dari masayarakat agar atlet dapat memberikan yang terbaik saat bertanding," tutupnya.

Breaking News SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan