Prediksi dan Statistik Italia Vs Inggris: Perjalanan Awal Juara Bertahan Piala Eropa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 23 Maret 2023
Prediksi dan Statistik Italia Vs Inggris: Perjalanan Awal Juara Bertahan Piala Eropa
Timnas Italia vs Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Italia akan mengawali langkah dalam mempertahankan titel Piala Eropa pada Kualifikasi Piala Eropa 2024 di grup C melawan Inggris, Jumat (24/03) pukul 02.45 dini hari WIB pada laga pertama grup.

Kedua tim sudah jauh berbeda sejak terakhir bertemu pada final Piala Eropa 2020, yang dihelat pada 2021 karena pandemi virus corona. Kala itu Italia menang via drama adu penalti setelah laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal.

Italia berpesta di Wembley tetapi ironisnya, mereka tak bermain di Piala Dunia 2022 karena gagal lolos kualifikasi. Tak mau itu terulang lagi Italia berusaha memulai langkah dengan baik dalam mempertahankan gelar di Piala Eropa, pun demikian Inggris.

Baca Juga:

5 Hal yang Perlu Diketahui dari Kualifikasi Piala Eropa 2024

Penghormatan untuk Gianluca Vialli dari Figur dan Klub Sepak Bola Eropa

Kualifikasi Piala Eropa 2024: Mancini Akui Sulit Cari Penyerang untuk Timnas Italia

Dari enam pertemuan terakhir Italia memenangi dua laga sementara Inggris tak pernah menang, sedangkan empat laga lainnya berakhir imbang. Itu memperlihatkan betapa ketatnya laga di antara kedua tim.

Kabar Tim

Federico Chiesa, Federico Dimarco, Ivan Provedel dicoret dari skuad Italia karena cedera dan kondisi Leonardo Bonucci diragukan. Dua nama dipanggil sebagai ganti yang cedera yakni Emerson Palmieri dan Marco Carnesecchi.

Dari Inggris tiga pemain urung dipanggil karena cedera yakni Marcus Rashford, Mason Mount, dan Nick Pope. Hanya Pope yang digantikan oleh Fraser Forster.

Komentar

Inggris tak pernah menang melawan Italia sejak 1961 tapi mereka bak menjadi rival karena sering bertemu dalam beberapa tahun terakhir. Pelatih Italia, Roberto Mancini, menilai laga Italia kontra Inggris bak pertandingan El Clasico.

“Ini menjadi sedikit seperti Clasico. Ini keempat kalinya kami melawan mereka. Mereka (Inggris) adalah salah satu tim terbaik di dunia. Sekelompok pemain yang luar biasa. Mereka selalu tidak beruntung. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit besok malam," papar Mancini di Mirror.

"Kami telah berubah dari kemenangan menjadi kekecewaan besar. Memenangkan Piala Eropa kemudian tidak lolos ke Piala Dunia. Sepak bola bisa kejam, saya rasa tim ini tidak pantas mendapatkannya."

"Kami perlu mencoba mereproduksi apa yang telah kami lakukan di masa lalu. Kami harus bermain dengan baik, menghibur orang, dan memenangkan pertandingan. Itu sangat penting untuk sekali lagi menjadi seperti apa kami menjelang Piala Eropa 2020."

Gareth Southgate juga berbicara potensi kesulitan yang akan dihadapi Inggris di kandang Italia. Tetapi di laga seperti itu, menurut Southgate, Inggris harus dapat menjawab tantangan bermain di Italia.

"Ini adalah jenis permainan di mana kami harus menunjukkan bahwa kami bisa pergi ke tempat-tempat ini dan menang. Itu adalah langkah selanjutnya bagi kami sebagai sebuah tim," tambah Southgate.

Head to Head

Italia 1-0 Inggris (UEFA Nations League 2022)
Inggris 0-0 Italia (UEFA Nations League 2022)
Italia 1-1 Inggris (Final Piala Eropa 2020)
Inggris 1-1 Italia (Laga Persahabatan)
Italia 1-1 Inggris (Laga Persahabatan)

Statistik

1. Dari enam pertemuan terakhir, Italia menang dua kali atas Inggris dan Inggris tanpa kemenangan, sementara empat laga lainnya berakhir imbang.

2. Domenico Berardi punya enam gol dan lima assists di Serie A musim ini.

3. Kedua tim telah mencetak gol di lima dari tujuh pertemuan terakhir.

4. Inggris hanya sekali kalah dari 27 kualifikasi di turnamen besar di bawah arahan Gareth Southgate

5. Inggris tak pernah mengalahkan Italia di laga kompetitif sejak Piala Dunia 1977.

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Francesco Acerbi, Alesssio Romagnoli, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Marco Verratti, Jorginho; Domenico Berardi, Mateo Retegui, Vincenzo Grifo

Pelatih: Roberto Mancini

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson, Declan Rice, Jude Bellingham; Bukayo Saka, Harry Kane, Jack Grealish

Pelatih: Gareth Southgate

Prediksi BolaSkor: Italia 1-0 Inggris.

Prediksi Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024 Inggris Timnas Inggris Italia Timnas Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan