Kualifikasi Piala Eropa 2024: Mancini Akui Sulit Cari Penyerang untuk Timnas Italia

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 21 Maret 2023
Kualifikasi Piala Eropa 2024: Mancini Akui Sulit Cari Penyerang untuk Timnas Italia
Timnas Italia (@Azzurri_EN)

BolaSkor.com - Juara bertahan Piala Eropa, timnas Italia, akan melawan timnas Inggris pada Kualifikasi Piala Eropa 2024 di Stadio Diego Armando Maradona, Jumat (24/03) pukul 02.45 dini hari WIB. Kedua tim juga pernah bertemu di final Piala Eropa 2020.

Jelang pertandingan itu pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengeluh karena persentase pemain asal Inggris menjadi starter di Premier League menurun dari 32 menjadi 28 persen dalam dua pekan terakhir.

Hal itu menjadi kekhawatiran Southgate dan terdengar oleh pelatih Italia, Roberto Mancini, yang kondisinya lebih parah lagi. Mancini menilai situasinya lebih sulit ketimbang Southgate karena Italia minim penyerang.

Ironis, apalagi jika melihat ada enam tim dari Italia yang saat ini bertarung hingga perempat final turnamen antarklub Eropa dari UEFA Conference League, Liga Europa, hingga Liga Champions.

Baca Juga:

Kabar Duka, Legenda Sampdoria Gianluca Vialli Meninggal Dunia

Penghormatan untuk Gianluca Vialli dari Figur dan Klub Sepak Bola Eropa

Pelatih Italia Akui Inggris Sangat Kuat

"Kami (Italia) lebih buruk daripada Southgate. Saya tidak tahu mengapa hanya ada sedikit striker, kami sangat terbatas untuk maju. Kami memiliki tiga tim di perempat final Liga Champions, tetapi dari tiga tim, ada tujuh atau delapan orang Italia paling banyak. Inilah kenyataannya," tutur Mancini dikutip dari Goal.

Terlepas dari penyerang Lazio Ciro Immobile, yang tengah cedera, tak ada penyerang asal Italia dalam daftar 10 top skorer Serie A musim ini. Alhasil, Mancini terpaksa mencari liga lain untuk mencari penyerang.

Termasuk di antara penyerang yang dicarinya itu Wilfried Gnonto (19 tahun, Leeds United), Vincenzo Grifo (Freiburg), dan Gianluca Scamacca (West Ham United). Mancini juga menuturkan alasan kesulitan Italia mencari penyerang.

"Kami dulu bermain selama tiga atau empat jam di jalan dan kemudian pergi berlatih, hari ini hal itu tidak lagi terjadi. Bukan kebetulan bahwa pemain masih ditemukan di negara-negara tersebut, seperti Uruguay, Argentina atau Brasil, di mana orang masih banyak bermain di jalanan," tambah Mancini.

Miris jika melihat betapa sulitnya Italia mencari penyerang saat ini, mengingat dahulu Gli Azzurri punya penyerang-penyerang legendaris seperti Filippo Inzaghi, Alessandro Del Piero, Francesco Totti, Luca Toni, dan Christian Vieri.

Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024 Italia Timnas Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.327

Bagikan