5 Hal yang Perlu Diketahui dari Kualifikasi Piala Eropa 2024

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 22 Maret 2023
5 Hal yang Perlu Diketahui dari Kualifikasi Piala Eropa 2024
Trofi Piala Eropa (Twitter)

BolaSkor.com - Liga-liga top Eropa saat ini tengah rehat dengan adanya jadwal jeda internasional. Selain laga uji coba, pertandingan-pertandingan lain yang berlangsung dan cukup menarik dinanti adalah Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Tak terasa sejak terakhir timnas Italia menjadi juara di Piala Eropa 2020. Piala Eropa 2024 akan dilangsungkan di Jerman pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024, diikuti oleh 24 tim dan nantinya akan ada 10 venue atau stadion di 10 kota di Jerman.

Kualifikasi Piala Eropa 2024 akan dimainkan tengah pekan ini dan akhir pekan ini. Selain Jerman yang akan langsung bermain di Piala Eropa 2024 sebagai tuan rumah, ada 23 tempat tersisa untuk diperebutkan.

Baca Juga:

Kabar Duka, Legenda Sampdoria Gianluca Vialli Meninggal Dunia

Penghormatan untuk Gianluca Vialli dari Figur dan Klub Sepak Bola Eropa

Kualifikasi Piala Eropa 2024: Mancini Akui Sulit Cari Penyerang untuk Timnas Italia

Menilik informasi dari BBC Sport, ada lima hal menarik yang perlu diketahui dari Kualifikasi Piala Eropa 2024 yang akan dihelat pada pekan ini. Apa saja?

1. Duel Inggris Vs Italia

Pasca absen di Piala Eropa 2008, Inggris tak mau lagi mengulang nasib yang sama dan kemudian selalu lolos kualifikasi termasuk tiga edisi terakhir. Catatan terbaik mereka terjadi pada Piala Eropa 2020 kala menembus final. Tebak siapa lawannya? Ya, Italia.

Di final laga berakhir imbang 1-1 dan pada drama adu penalti Italia memenanginya di Wembley, di depan fans Inggris. Dua tahun berlalu (Piala Eropa 2020 dimainkan pada 2021 karena pandemi virus corona) dan kedua tim sudah berubah.

Seperti halnya Inggris yang telah mengikuti Piala Dunia 2022 dan Italia tidak berpatisipasi, serta fakta Italia saat ini krisis penyerang karena minimnya striker lokal yang bersinar di Serie A. Apapun itu duel klasik Inggris vs Italia akan seru dinanti.

2. Nikmati Momen Pemain Veteran

Tidak ada yang abadi dalam dunia sepak bola selain sejarah yang terukir panjang. Pun demikian generasi yang terus terjadi. Pada Kualifikasi Piala Eropa 2024 ini juga seyogyanya publik menikmati pemain-pemain veteran yang masih dipanggil timnas.

Mereka itu seperti Cristiano Ronaldo (38 tahun, Portugal), Luka Modric (37 tahun, Kroasia), Robert Lewandowski (34 tahun, Polandia), Olivier Giroud (36 tahun, Prancis), dan bahkan Zlatan Ibrahimovic (41 tahun, Swedia).

Ronaldo akan berusia 39 tahun saat turnamen berlangsung dan jika Portugal lolos, Ronaldo disertakan dalam skuad dan Portugal juara, maka dia akan jadi pemain tertua yang memenanginya - saat ini kompatriot Ronaldo, Ricardo Carvalho memegang rekor itu pada usia 38 tahun 53 hari.

Begitu juga dengan Modric bersama Kroasia jika mampu jadi kejutan di Piala Eropa 2024. Sementara itu Lewandowski akan berusia 35 tahun pada 2024 dan ia masih jadi harapan Polandia agar bisa lolos turnamen. Sejauh ini Lewandowski punya 78 gol dari 138 laga dan membuat debutnya pada 2008 melawan San Marino.

3. Format Kualifikasi Piala Eropa 2024

Ada tujuh grup yang berisikan lima tim, plus tiga grup yang berisikan enam tim. Empat dari finalis UEFA Nations League, Kroasia, Belanda, Italia, dan Spanyol, masuk ke dalam grup yang lebih sedikit penghuninya.

Dua tim teratas yang finish di 10 grup akan langsung bermain di Piala Eropa 2024. Jerman langsung lolos sebagai tuan rumah, sementara tiga tim tersisa akan bermain melalui play-off UEFA Nations League. Kualifikasi fase grup akan dimulai pada 23 Maret 2023 dan berakhir pada 21 November 2023.

4. Catatan yang Perlu Diperhatikan


Timnas Hungaria layak diperhatikan sepak terjangnya di Nations League, sebab mereka mengalahkan Inggris di laga kandang dan tandang saat ini, mereka juga mendapatkan empat poin dari Jerman saat gagal mengalahkan Italia dan berada di posisi teratas grup A3.

Hungaria telah berkompetisi di dua edisi terakhir Piala Eropa setelah 44 tahun absen di kompetisi. Hungaria bahkan jadi kekuatan tak terduga ketika di Kualifikasi Piala Eropa terakhir hanya sekali kalah dari 10 laga.

Pada kualifikasi kali ini tim arahan Marco Rossi berada di grup G bersama Serbia, Montenegro, Bulgaria, dan Lithuania.

Catatan lain yang perlu diperhatikan adalah kiprah Portugal di bawah arahan Roberto Martinez, serta Belgia yang berada di bawah arahan Domenico Tedesco. Belgia ada di grup F bersama Austria, Swedia, Azerbaijan, dan Estonia.

5. Grup-grup pada Kualifikasi Piala Eropa 2024

Grup A: Spanyol, Skotlandia, Norwegia, Georgia, Siprus.
Grup B: Belanda, Prancis, Republic Irlandia, Yunani, Gibraltar.
Grup C: Italia, Inggris, Ukraina, Makedonia Utara, Malta.
Grup D: Kroasia, Wales, Armenia, Turki, Latvia.
Grup E: Polandia, Republik Ceko, Albania, Kepulauan Faroe, Moldova.
Grup F: Belgia, Austria, Swedia, Azerbaijan, Estonia.
Grup G: Hungaria, Serbia, Montenegro, Bulgaria, Lithuania.
Grup H: Denmark, Finlandia, Slovenia, Kazakhstan, Irlandia Utara, San Marino.
Grup I: Swiss, Israel, Romania, Kosovo, Belarusia, Andorra.
Grup J: Portugal, Bosnia Herzegovina, Islandia, Luksemburg, Slovakia, Liechtenstein.

Trivia Sepak Bola Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.883

Bagikan