Prediksi dan Statistik Chelsea Vs Liverpool: Berburu Trofi Perdana

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 25 Februari 2024
Prediksi dan Statistik Chelsea Vs Liverpool: Berburu Trofi Perdana
Chelsea vs Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Final Piala Liga akan dimainkan di Wembley, Minggu (25/02) pukul 22.00 WIB antara Chelsea melawan Liverpool. Itu akan menjadi perebutan trofi perdana bagi kedua tim di musim ini.

Chelsea dapat meraih trofi perdana di musim pertama Mauricio Pochettino melatih klub, sekaligus pengobat luka atas inkonsistensi di liga. Pun demikian untuk Liverpool yang tengah memburu quadruple (empat) trofi musim ini.

Chelsea terakhir kali memenanginya pada 2015. Kala itu, Chelsea menang 2-0 atas Tottenham Hotspur yang dilatih peramu taktik Chelsea saat ini, Mauricio Pochettino. Sementara bagi Liverpool, mereka memiliki rekor juara terbanyak sebanyak sembilan kali.

Baca Juga:

3 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Chelsea dan Liverpool

5 Duel Kunci yang Dapat Jadi Penentu Laga Chelsea Vs Liverpool di Final Piala Liga

Sederet Statistik Jelang Chelsea Vs Liverpool di Final Piala Liga

Catatan lainnya tak berpihak kepada Chelsea, sebab Pochettino hanya sekali menang saat melawan tim arahan Jurgen Klopp dari total 13 pertemuan. Itu terjadi pada 2017 (4-1) di kandang Tottenham.

Kabar Tim

Menilik dari WhoScored ada enam pemain Chelsea yang absen di pertandingan tersebut, yaitu Wesley Fofana, Reece James, Benoit Badiashile, Romeo Lavia, Marc Cucurella, dan Lesley Ugochukwu.

Badai cedera juga menerjang Liverpool dengan absennya Joel Matip, Diogo Jota, Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Thiago Alcantara, Curtis Jones, dan Stefan Bajcetic. Tiga pemain lainnya juga diragukan bermain: Darwin Nunez, Mohamed Salah, dan Dominik Szoboszlai.

Komentar

Psywar dilontarkan Pochettino yang berharap wasit tidak berat sebelah 'membela' Liverpool, terutamanya untuk memberikan 'hadiah' perpisahan kepada Klopp yang meninggalkan Liverpool di akhir musim ini.

"Mungkin itu untuk orang-orang yang ingin merayakannya bersama Liverpool. Ketika kami bermain melawan Liverpool di Anfield, tidak ada satu pun keputusan penting yang ada di tangan kami," terang Pochettino dilansir dari Mirror.

"Saya orang pertama yang mengatakan bahwa Liverpool luar biasa dan Klopp adalah salah satu pelatih terbaik di dunia. Namun setelah pengalaman terakhir saya bermain di sana, yang saya inginkan di Wembley adalah pergi ke sana dan tidak merasakan tekanan. Ini adalah memainkan permainan di level yang sama dan tim terbaik akan menang."

"Kami ingin menang karena Chelsea. Tentu saja Liverpool ingin menang. Tapi tolong, tidak ada pihak lain yang terlibat dalam permainan itu, yang akan menjadi bagian dari perayaan kepergian Klopp, bukan? Itu penting."

Klopp juga menegaskan tidak akan mudah mengalahkan Chelsea di final, meski sebelumnya Liverpool menang telak 4-1 di Anfield. Ia justru khawatir Chelsea akan menunjukkan kualitasnya di laga final.

"Hasil yang kami dapatkan di sini (kemenangan 4-1 atas Chelsea di Anfield) tidak membantu, tentu saja kami harus memainkan pertandingan itu lagi dan itu seperti membuat lawan sedikit bersemangat," papar Klopp.

"Final adalah pertandingan yang benar-benar berbeda, jelas tidak ada kandang sendiri. Kami sekarang menghadapi mereka beberapa kali di final dan kami tahu satu bagian berwarna biru dan satu lagi berwarna merah."

"Kami tahu apa yang mampu dilakukan oleh para pemain kami, namun para pemain Chelsea juga akan menantikannya."

"Tetapi semua orang tahu, di final, tidak ada favorit, dimulai dari nol dan untuk setiap keuntungan kecil yang ingin Anda dapatkan, Anda harus bekerja sangat keras."

Statistik

1. Kemenangan Liverpool atas Chelsea pada 2022 mengartikan mereka memiliki rekor juara Piala Liga terbanyak (sembilan).

2. Chelsea lima kali juara Piala Liga, terakhir menang pada 2015 saat menang 2-0 atas Tottenham Hotspur.

3. Pochettino dua kali mencapai final saat melatih di Inggris: 2015 bersama Tottenham di Piala Liga, serta Liga Champions 2019 kontra Liverpool (juga bersama Tottenham).

4. Pochettino hanya sekali menang dari 13 pertemuan dengan Klopp: 4-1 di laga kandang pada 2017 bersama Tottenham.

5. Chelsea menang empat kali dari tujuh laga Piala Liga kontra Liverpool, imbang dua kali dan kalah sekali.

Head to Head

Liverpool 4-1 Chelsea (Premier League 2024)
Chelsea 1-1 Liverpool (Premier League 2023)
Chelsea 0-0 Liverpool (Premier League 2023)
Liverpool 0-0 Chelsea (Premier League 2023)
Chelsea 0-0 Liverpool (Piala FA 2022)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Chelsea (4-2-3-1): Djordje Petrovic; Malo Gusto, Axel Disasi, Levi Colwill, Ben Chilwell; Moises Caicedo, Enzo Fernandez; Cole Palmer, Conor Gallagher, Raheem Sterling; Nicolas Jackson

Pelatih: Mauricio Pochettino

Liverpool (4-3-3): Caoimhin Kelleher; Conor Bradley, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Ryan Gravenberch; Harvey Elliott, Cody Gakpo, Luis Diaz

Pelatih: Jurgen Klopp

Prediksi BolaSkor: Chelsea 2-2 Liverpool (adu penalti, Chelsea menang)

Chelsea Liverpool Piala Liga Piala Liga Inggris Prediksi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan