5 Duel Kunci yang Dapat Jadi Penentu Laga Chelsea Vs Liverpool di Final Piala Liga

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 24 Februari 2024
5 Duel Kunci yang Dapat Jadi Penentu Laga Chelsea Vs Liverpool di Final Piala Liga
Chelsea vs Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea akan menghadapi Liverpool pada laga final Piala Liga Inggris 2023-2024 yang dihelat di Wembley, Minggu (25/02) pukul 22.00 WIB. The Blues terakhir kali memenanginya pada 2015, sementara Liverpool pada 2022.

Dibanding Chelsea, skuad The Reds masih 'mengingat' bagaimana cara memenangkannya dan nama-nama lama masih ada dalam skuad semisal Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Alisson Becker, hingga Andy Robertson.

Di atas kertas, Liverpool yang berada dalam jalur perebutan quadruple (empat) trofi juga diunggulkan, terlebih dengan inkonsistensi bermain Chelsea. Tapi, pertandingan final tak dapat diprediksi dan kedua tim punya peluang yang sama.

Baca Juga:

3 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Chelsea dan Liverpool

Cole Palmer dan 5 Pemain Manchester City yang Menyeberang ke Chelsea

3 Calon Pengganti Mauricio Pochettino jika Dipecat Chelsea

Menjelang pertandingan tersebut ada lima duel kunci yang dapat menentukan hasil akhir laga. Berikut ulasan dari analisis BolaSkor.com yang menilik referensi dari berbagai media di Eropa.

1. Mohamed Salah vs Ben Chilwell

Kondisi Mohamed Salah diragukan jelang final, tetapi jika bermain ia akan jadi ancaman pertahanan Chelsea. Mo Salah sudah mencetak 19 gol dan memberikan 10 assits dari 28 laga di seluruh kompetisi.

Area pergerakan Mo Salah di sisi kanan serangan Liverpool akan membuatnya berhadapan langsung dengan kapten Chelsea, Ben Chilwell.

Full-back asal Inggris tidak dapat terlalu sering meninggalkan areanya (untuk membantu serangan) di saat Mo Salah beredar di areanya, siap melancarkan serangan balik. Duel ini dapat jadi kunci di laga nanti.

2. Cole Palmer vs Andy Robertson

Pemain paling berbahaya yang dimiliki Chelsea. Cole Palmer punya visi bermain, kualitas teknik, dan juga naluri mencetak gol. Pada musim debutnya di Chelsea, eks pemain Manchester City punya 14 gol, sembilan assists, dari 32 laga di seluruh kompetisi.

Palmer dapat ditempatkan sebagai penyerang tengah (false nine) atau kembali ke posisi aslinya, penyerang sayap. Jika bermain di sayap ia akan menghadapi bek kiri Liverpool, Andy Robertson.

Pemain asal Skotlandia rajin naik membantu serangan dan melepaskan umpan silang, tetapi dengan adanya Palmer di areanya ia juga harus berpikir menjaganya. Palmer dapat jadi pembeda untuk Chelsea jika dibebaskan berkreasi.

3. Luis Diaz vs Malo Gusto

Luis Diaz, pemain yang paling sulit diprediksi pergerakannya, sebab ia bisa berada di sayap atau sentral serangan. Terlebih, Diaz juga lincah dalam bergerak dan sejauh ini sudah mencetak 10 gol dari 34 laga di seluruh kompetisi.

Apabila Diaz bermain sebagai winger kiri, Darwin Nunez di tengah, maka tugas menjaga pergerakan Diaz akan dilakukan pemain asal Prancis, Malo Gusto.

Baru ini, Gusto bekerja baik menjaga pergerakan winger Man City, Jeremy Doku. Kali ini tugasnya tidak akan jauh lebih mudah, sebab Diaz juga pintar membaca permainan dan bergerak baik tanpa bola.

4. Enzo Fernandez vs Alexis Mac Allister

Duel dua rekan setim di timnas Argentina akan sangat seru dinanti. Keduanya bersanding sebagai rekan setim di Argentina dan akan menjadi lawan kala Chelsea bentrok kontra Liverpool.

Alexis Mac Allister pekerja keras yang dapat membantu tim dalam fase bertahan dan juga naik membantu serangan, begitu juga Enzo Fernandez yang lebih 'elegan' dengan cara bermainnya karena punya visi bermain, operan bagus.

Duel dua kompatriot itu dapat menentukan siapa pemenang perebutan bola di lini tengah. Fernandez akan dibantu gelandang bertahan Moises Caicedo, sementara Mac Allister dibantu oleh Wataru Endo.

5. Nicolas Jackson vs Virgil van Dijk

Musim debut Nicolas Jackson dengan Chelsea tidak mudah, tetapi ia masih jadi ancaman pertahanan lawan. Pada usia 22 tahun, Jackson masih dapat berkembang dan sejauh ini sudah menorehkan sembilan gol dari 27 laga.

Menghentikan Jackson akan menjadi tugas kapten Liverpool, Virgil van Dijk. Bek asal Belanda akan menggalang pertahanan Liverpool dalam menghadapi lini serang Chelsea yang berpotensi ditempati Jackson, Palmer, Raheem Sterling.

Chelsea Liverpool Piala Liga Piala Liga Inggris Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan