Piala Super Eropa: Alasan Tuchel Masukkan Kepa untuk Adu Penalti

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 12 Agustus 2021
Piala Super Eropa: Alasan Tuchel Masukkan Kepa untuk Adu Penalti
Kepa Arrizabalaga (Twitter)

BolaSkor.com - Manajer Chelsea, Thomas Tuchel membuat keputusan mengejutkan kala berhadapan dengan Villarreal pada ajang Piala Super Eropa 2021. Ia memasukkan Kepa Arrizabalaga jelang melakoni babak adu penalti.

Laga yang berlangsung di Windsor Park, Kamis (12/8) dini hari WIB, berlangsung sengit. Chelsea dan Villarreal harus melakoni perpanjangan waktu karena bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Chelsea mampu unggul lebih dulu melalui sontekan Hakim Ziyech pada menit ke-27. Keunggulan wakil Inggris itu bertahan hingga babak pertama usai.

Baca Juga:

Fakta-fakta Menarik dari Keberhasilan Chelsea Menjuarai Piala Super Eropa

Chelsea 1-1 Villarreal (6-5): The Blues Juara Piala Super Eropa

Timo Werner Sesumbar Ciptakan Duet Maut bersama Lukaku

Namun Villarreal mampu menyamakan kedudukan di babak kedua. Gerard Moreno membobol gawang Chelsea memanfaatkan umpan matang Boulaye Dia pada menit ke-73.

Pada babak perpanjangan waktu, stamina kedua tim sudah jauh menurun. Hal itu membuat Chelsea dan Villarreal gagal mencetak gol tambahan dan harus mengakhiri laga dengan adu penalti.

Satu menit sebelum babak kedua perpanjangan waktu berakhir, Tuchel mengganti Edouard Mendy dengan Kepa. Kiper asal Spanyol itu tampaknya memang disiapkan untuk adu penalti.

Keputusan ini cukup mengherankan. Mendy bermain baik sepanjang pertandingan dan cukup percaya diri untuk melakoni babak tos-tosan.

Tuchel menegaskan keputusan memasukkan Kepa murni alasan teknis. Ia sudah menyusun rencana ini sejak jauh-jauh hari.

"Ketika saya melakoni pertandingan turnamen pertama melawan Barnsley, kami berbicara dengan pelatih kiper dan departemen analisis yang menghasilkan statistik bahwa Willy Caballero adalah yang terbaik dalam penyelamatan penalti. Sementara terbaik kedua adalah Kepa dan ketiga Edou dalam statistik ini," kata Tuchel usai pertandingan.

“Kami berbicara dengan para penjaga gawang secara terbuka bahwa dalam situasi seperti hari ini kami mengambil perubahan. Bukan karena alasan pribadi, tetapi untuk membantu peluang tim karena kami memiliki statistik ini."

Willy Caballero sudah tak menjadi bagian Chelsea usai kontraknya berakhir awal Juli lalu. Jadi tugas sebagai kiper utama di babak adu penalti menjadi milik Kepa.

Keputusan ini pun berbuah manis. Kepa menjadi pahlawan dengan menahan dua algojo penalti Villarreal.

"Ketika Anda melihat Mendy mengesampingkan egonya saat kami mengambil keputusan ini, inilah kuncinya. Kami lakukan Ini bukan karena perasaan dan hanya ide tiba-tiba dari manajer," tambahnya.

"Ini direncanakan dan didiskusikan secara terbuka dengan para penjaga gawang. Berkat dukungan dan keberuntungan, Kepa bisa menunjukkan dan membuktikan kualitasnya."

Respons Mendy

Penjelasan Tuchel tersebut diamini oleh Mendy. Ia tak masalah harus diganti menjelang adu penalti.

"Yang terpenting adalah kami memenangkannya dan ya tentu saja saya senang karena kami menang. Kami adalah tim dan bekerja untuk kesuksesan," kata Mendy.

"Saya sudah tahu bahwa situasi ini bisa terjadi sejak awal tahun, bahwa Kepa bisa datang ke lapangan dan membantu tim. Dia melakukannya hari ini, dan saya sangat senang."

Piala Super Eropa Chelsea Thomas Tuchel Kepa Arrizabalaga Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan