Chelsea 1-1 Villarreal (6-5): The Blues Juara Piala Super Eropa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 12 Agustus 2021
Chelsea 1-1 Villarreal (6-5): The Blues Juara Piala Super Eropa
Chelsea juara Piala Super Eropa (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea pada akhirnya keluar sebagai juara Piala Super Eropa di Windsor Park, Belfast, Kamis (12/08) dini hari WIB. The Blues menang 6-5 via drama adu penalti melawan Villarreal setelah laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal.

Chelsea yang turun dengan taktik 3-4-3 sudah langsung mendominasi penguasaan bola sejak awal laga, sementara Villarreal arahan Unai Emery menggunakan formasi 4-3-3.

Dalam kurun waktu 10 menit Chelsea sudah menciptakan dua peluang. Satu dari Timo Werner di menit tujuh dari sepak pojok yang diambil Hakim Ziyech dan kiper Villarreal, Sergio Asenjo dengan sigap menepisnya. Lalu kedua kala sepakan N'Golo Kante melebar.

Chelsea pada akhirnya mampu memanfaatkan keunggulan penguasaan bola dan kualitas tim dengan gol di menit 27. Kerja sama apik terjadi kala Kai Havertz mengirim umpan silang mendatar yang disambar Ziyech dan berbuah gol. Chelsea unggul 1-0.

Baca Juga:

Timo Werner Sesumbar Ciptakan Duet Maut bersama Lukaku

Comeback ke Premier League, Lukaku Bakal Bungkam Haters dari Fans Man United

Tuchel Akui Butuh Pemain seperti Romelu Lukaku di Chelsea

Selebrasi gol Hakim Ziyech

Jelang turun minum pencetak gol Chelsea itu digantikan oleh Christian Pulisic dengan dugaan cedera. Diharapkan fans Chelsea cedera Ziyech tidak serius, sebab sang pemain sudah tampil bagus sejak pramusim.

Tidak ada lagi gol yang tercipta hingga turun minum plus tambahan waktu. Chelsea unggul 1-0 dari gol Hakim Ziyech dan unggul penguasaan bola, 61 persen berbanding 39 persen Villarreal.

Villarreal bermain lebih baik di babak kedua untuk berusaha mengejar ketertinggalan. Masuknya Moi Gomez dan Mario Gaspar meningkatkan permainan Villarreal, sementara Andreas Christensen, Jorginho, dan Mason Mount turun bermain di kubu Chelsea.

Kesabaran Villarreal melancarkan serangan berbuah hasil di menit 73. Berawal dari kesalahan Antonio Rudiger menyapu bola, bola dikontrol Moreno yang kemudian mengopernya kepada Boulaye Dia dan melakukan operan back-heel kepada Moreno. Sang striker mengonversinya jadi gol. 1-1.

Selebrasi gol Gerard Moreno

Tidak ada lagi gol yang tercipta sampai babak kedua plus tambahan waktu berakhir. Artinya, laga dilanjutkan hingga babak tambahan dengan potensi drama adu penalti antara Chelsea kontra Villarreal.

Gol pun tidak tercipta di babak tambahan dengan rasa letih yang dirasakan kedua kubu. Chelsea punya beberapa peluang tapi diamankan oleh Asenjo. Di babak tambahan itu Thomas Tuchel mengganti kiper, Edouard Mendy dengan Kepa Arrizabalaga. Laga dilanjutkan ke drama adu penalti.

Chelsea sukses mengamankan trofi Piala Super Eropa melalui drama adu penalti dengan skor 6-5. Kepa Arrizabalaga yang masuk dari bangku cadangan menepis dua penalti yang diambil Aissa Mandi dan Raul Albiol, sementara Sergio Asenjo menepis penalti Kai Havertz.

Kepa tepis dua penalti Villarreal

Susunan Pemain:

Chelsea (3-4-3): Edouard Mendy (Kepa Arrizabalaga 119'); Kurt Zouma (Andreas Christensen 66'), Trevor Chalobah, Antonio Rudiger; Callum Hudson-Odoi (Cesar Azpilicueta 82'), N'Golo Kante (Jorginho, 65'), Mateo Kovacic, Marcos Alonso; Hakim Ziyech (Christian Pulisic 43'), Timo Werner (Mason Mount 65'), Kai Havertz.

Pemain Cadangan: Kepa Arrizabalaga, Andreas Christensen, Jorginho, Thiago Silva, Tammy Abraham, Christian Pulisic, Ruben Loftus-Cheek, Mason Mount, Ben Chilwell, Reece James, Cesar Azpilicueta, Emerson.

Pelatih: Thomas Tuchel

Villarreal (4-3-3): Sergio Asenjo; Juan Foyth, Raul Albiol, Pau Torres, Alfonzo Pedraza (Pervis Estupinan 58'); Manu Trigueros (Moi Gomez 71'), Etienne Capoue (Mario Gaspar 70'), Alberto Moreno (Manuel Morlanes 85'); Yeremi Pino (Aissa Mandi 90'), Gerard Moreno, Boulaye Dia (Dani Raba 86').

Pemain Cadangan: Mario Gaspar, Manuel Morlanes, Paco Alcacer, Vicente Iborra, Pervis Estupinan, Geronimo Rulli, Jorge Cuenca, Dani Raba, Ruben Pena, Aissa Mandi, Moi Gomez, Fernando Nino.

Pelatih: Unai Emery

Breaking News Piala Super Eropa Chelsea Villarreal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.184

Bagikan