Piala Eropa 2020: Gianluigi Donnarumma Dianggap Selevel Buffon

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 12 Juli 2021
Piala Eropa 2020: Gianluigi Donnarumma Dianggap Selevel Buffon
Gianluigi Donnarumma (Twitter)

BolaSkor.com - Gianluigi Donnarumma memainkan peran kunci dalam kesuksesan Italia menjuarai Piala Eropa 2020. Kiper berusia 22 tahun itu pun kini disejajarkan dengan seniornya, Gianluigi Buffon.

Italia sukses mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti pada laga final di Stadion Wembley, Senin (12/7) dini hari WIB. Donnarumma sukses menepis dua tembakan eksekutor The Three Lions pada babak tos-tosan.

Inggris dan Italia bermain imbang 1-1 hingga waktu normal berakhir. Gol cepat Luke Shaw mampu dibalas Leonardo Bonucci pada menit ke-67.

Kedua tim kemudian gagal mencetak gol tambahan di babak perpanjangan waktu. Adu penalti pun terpaksa dimainkan untuk mencari sang pemenang.

Baca Juga:

Sederet Fakta Menarik dari Kesuksesan Italia Menjuarai Piala Eropa 2020

Italia: 'Catenaccio Modern', Mental Juara, dan Piala Dunia

Chiellini: Italia Juara karena Menikmati Sepak Bola

Gianluigi Donnarumma

Pada fase inilah Donnarumma menunjukkan kualitasnya. Ia melakukan dua penyelamatan gemilang saat menghalau tembakan Jadon Sancho dan Bukayo Saka untuk membawa Italia menang 3-2.

Donnarumma sudah menunjukkan aksi serupa saat Italia mengalahkan Spanyol di semifinal. Ia menepis eksekusi Alvaro Morata sebelum akhirnya Jorginho memastikan kemenangan Gli Azzurri.

Tak heran jika gelar pemain terbaik Piala Eropa 2020 diberikan kepada Donnarumma. Ia menjadi kiper pertama yang meraihnya sepanjang sejarah turnamen ini.

Hal ini membuktikan Italia tidak pernah kehabisan kiper-kiper hebat. Donnarumma juga menegaskan diri sebagai penerus tongkat estafet Buffon.

Sebuah pandangan menarik disampaikan Giorgio Chiellini. Ia coba membandingkan rasanya tampil bersama Buffon dan Donnarumma.

"Saya beruntung karena saya bermain dengan Gianluigi Buffon. Sekarang saya bermain dengan Donnarumma dan rasanya sama saja!" kata Chiellini di situs resmi UEFA.

Donnarumma memang tampil menonjol di Piala Eropa 2020. Gawangnya bahkan sempat tak kebobolan di fase grup.

Secara statistik, Donnarumma selalu tampil dalam setiap pertandingan Italia di Piala Eropa 2020, Total ia mencatatkan sembilan penyelamatan dan hanya kebobolan empat gol dari 719 menit berada di lapangan.

Dengan umur yang masih sangat muda, Donnarumma bisa menjadi kiper utama Italia dalam beberapa tahun ke depan. Syaratnya, ia harus mempertahankan permainannya di level tertinggi seperti yang telah dilakukan Buffon.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Piala Eropa 2020 Timnas Italia Gianluigi Donnarumma Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan