Piala Dunia U-17 2023 Hanya di 4 Kota Pulau Jawa, PSSI Beberkan Alasannya

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 02 Agustus 2023
Piala Dunia U-17 2023 Hanya di 4 Kota Pulau Jawa, PSSI Beberkan Alasannya
Ketum PSSI Erick Thohir saat memberikan keterangan kepada awak media di SUGBK, Jakarta, Rabu (2/8). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - FIFA merespons positif usulan PSSI terkait dengan Piala Dunia U-17 2023 yang cukup digelar di empat stadion yang berlokasi di Pulau Jawa. Ada beberapa faktor di balik usulan tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan kick off Piala Dunia U-17 pada 10 November 2023 tinggal 100 hari lagi. Dengan sisa waktu yang terhitung mepet, PSSI harus melakukan efisiensi. Salah satunya dengan memangkas jumlah venue pertandingan dari delapan menjadi hanya empat.

"Konsekuensi dari persiapan yang tinggal 100 hari, ada persiapan venue dan logistik dan lain-lain. Memang, kembali dengan segala dinamika dan kembali yang kita tahu bahwa pendanaan harus efisien. Hari ini kita bernegosiasi (dengan FIFA) dan mengusulkan (empat stadion), sesuai budget, logistik, dan persiapan kita yang tersisa 100 hari. Kita tidak mau ambil risiko."

"Ini pilihan yang tidak mudah, tapi tentu saya tidak bicara (lebih detail) sebelum mereka (FIFA) bikin pernyataan resmi," kata Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (2/8).

PSSI sebelumnya mengajukan delapan stadion sebagai venue untuk Piala Dunia U-17, di mana enam di antaranya adalah stadion yang tadinya disiapkan untuk Piala Dunia U-20, yaitu Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Kapten I Wayan Dipta (Bali). Sedangkan dua stadion tambahan adalah Jakarta International Stadium (JIS) dan Pakansari (Bogor).

Baca Juga:

Piala Dunia U-17 Hanya di Pulau Jawa, Timnas Indonesia U-17 Main di Jakarta

FIFA Optimistis Piala Dunia U-17 2023 Bisa Digelar di 4 Stadion

Namun, karena berbagai pertimbangan yang disebutkan di atas, PSSI mengerucutkan pilihannya dari delapan stadion itu menjadi hanya empat. Yakni JIS, Si Jalak Harupat, Manahan, dan GBT. Usulan ini pun sudah disampaikan ke FIFA.

"Konsekuensinya ada dua grup (yang dimainkan) di Jakarta dan Bandung. Lalu satu grup di Surabaya, dan satu di Solo. Lalu semifinal dan final di Solo," ujar Erick Thohir.

Karena itu, Erick Thohir mendorong para pihak terkait, seperti Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merampungkan proses perbaikan stadion.

Sebab, FIFA akan kembali mengirimkan tim dengan jumlah personel yang lebih banyak saat melakukan inspeksi lanjutan pada 26 Agustus mendatang.

"Insyaallah minggu depan, Senin atau Selasa, saya akan rapat lagi dengan (Kementerian) PUPR dan (Penjabat/Pj) Gubernur DKI, (untuk menjelaskan) mana yang perlu perbaikan. Nanti juga ada pertemuan dengan tim di Surabaya, Bandung, Solo. Ada follow up-nya," tutur lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Timnas Indonesia U-17 Pssi Fifa Erick thohir Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.413

Bagikan