Piala AFF Ganti Nama Jadi ASEAN Cup

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 29 Februari 2024
Piala AFF Ganti Nama Jadi ASEAN Cup
Logo dan nama baru Piala AFF. (Instagram)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara atau ASEAN (AFF) melakukan perubahan nama untuk Piala AFF menjadi ASEAN Cup. Perubahan atau rebranding ini akan dimulai pada 2024 ini.

Selain itu, AFF juga mengubah logo turnamen. Pengumuman tersebut disampaikan melalui akun Instagram @affmitsubishielectriccup pada Kamis (29/2).

Menurut Presiden AFF, Khiev Sameth, perubahan nama dan logo ini menandai sebuah harapan besar. Sameth juga ingin ada semangat baru yang diusung tim-tim peserta ASEAN Cup, termasuk salah satunya adalah Timnas Indonesia.

"Logo baru ini juga terus mewujudkan solidaritas yang tak terpatahkan, semangat pantang menyerah, budaya yang beragam, dan semangat bersama terhadap sepak bola di wilayah kita," katanya.

Ini merupakan perubahan keempat yang dilakukan oleh AFF. Awal mulanya, turnamen sepak bola antarnegara Asia Tenggara tersebut bernama Piala Tiger.

Baca Juga:

Proses Naturalisasinya Hampir Rampung, Cyrus Margono Tak Sabar Perkuat Timnas Indonesia

Asisten Shin Tae-yong Indikasikan Skuad Timnas Indonesia Lawan Vietnam Tidak Banyak Berubah

Nama tersebut merujuk dari nama sponsor utama turnamen kala itu. Titel Piala Tiger bertahan dari 1996 saat turnamen pertama kali digelar sampai edisi 2004.

Selepas itu, pada 2007, nama turnamen berubah menjadi AFF Championship atau Piala AFF. Nama ini hanya bertahan satu tahun karena pada 2008 kembali berganti menjadi AFF Suzuki Cup.

Suzuki bertahan menjadi sponsor selama 14 tahun sampai 2022. Mulai 2022, titel turnamen menjadi AFF Mitsubihsi Electric Cup.

Kemudian pada 2024 ini, AFF mengubah nama turnamen menjadi ASEAN Mitsubishi Electric Cup. ASEAN Cup 2024 akan digelar mulai 23 November sampai 21 Desember mendatang.

Sepanjang turnamen ini bergulir, sejak bernama Piala Tiger sampai Piala AFF, Timnas Indonesia belum pernah menjadi juara. Prestasi terbaik Tim Merah-Putih adalah enam kali menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

Timnas Indonesia AFF Piala aff Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.456

Bagikan