Perubahan Besar dengan Format Baru di Piala Dunia 2026

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 14 Maret 2023
Perubahan Besar dengan Format Baru di Piala Dunia 2026
Trofi Piala Dunia (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 Qatar masih diingat jelas fans sepak bola dunia. Maklum saja, event empat tahunan itu baru berlangsung pada November-Desember lalu dan berakhir dengan keberhasilkan Argentina sebagai juara dunia.

Fans masih harus menanti hingga 2026 untuk kembali menyaksikan Piala Dunia. Pada 2026 Piala Dunia akan dimainkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Tidak hanya itu ada catatan baru untuk Piala Dunia tersebut.

Format baru disinyalir akan diterapkan oleh FIFA seperti contohnya 48 tim bersaing untuk kali pertama, serta adanya 16 grup yang terdiri dari tiga tim. Perdebatan mengenai hal tesebut masih berlangsung.

FIFA dalam beberapa waktu terakhir disinyalir mempertimbangkan hal tersebut, dengan kekhawatiran format baru justru membuat laga tidak menarik untuk ditonton. Namun menurut laporan The Athletic FIFA akan mengonfirmasi rencana untuk memiliki empat tim di dalam satu grup, mengarah kepada total 104 laga di turnamen dari 64 laga seperti biasanya.

Baca Juga:

Perhatian PSG Sepenuhnya Tertuju kepada Kylian Mbappe, Bukan Lionel Messi

Sang Ayah Bicara Peluang Lionel Messi Pulang ke Barcelona

Lionel Messi Dapat Jaminan Tampil di Piala Dunia 2026

Presiden FIFA, Gianni Infantino

Jika benar demikian maka waktu berlangsungnya Piala Dunia akan jadi lebih panjang. Pembicaraan pun masih berlanjut di FIFA terkait rencana tersebut. Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga telah mengonfirmasi akan meninjau kembali format baru tersebut.

"Saya harus mengatakan bahwa setelah Piala Dunia ini dan kesuksesan grup beranggotakan empat orang, dan juga melihat beberapa kompetisi lain seperti Piala Eropa misalnya di mana Anda memiliki 24 tim dan dua tim teratas ditambah yang terbaik ketiga akan lolos ke babak fase berikutnya," papar Infantino.

"Di sini, grup berempat benar-benar luar biasa dalam arti sampai menit terakhir pertandingan terakhir, Anda tidak akan tahu siapa yang lolos."

"Kami harus meninjau kembali atau setidaknya mendiskusikan kembali formatnya - apakah kami memilih 16 grup yang terdiri dari tiga atau 12 grup yang terdiri dari empat orang. Ini adalah sesuatu yang pasti akan menjadi agenda dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya."

Jika disetujui maka ada enam poin dari regulasi yang akan menjadi format baru Piala Dunia untuk 2026, berikut poin-poin tersebut:

1. 48 tim (16 dari Eropa)
2. 16 kota tuan rumah
3. 12 grup, masing-masing grup berisikan 4 tim
4. Peringkat pertama dan kedua lolos ke fase gugur, mereka akan ditemani 8 peringkat ketiga terbaik
5. Fase gugur dimulai dari babak 32 besar
6. Total ada 104 pertandingan

Piala Dunia Piala Dunia 2026 Fifa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.405

Bagikan