Pertama Kali dalam Sejarah, Fluminense Juara Copa Libertadores

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 05 November 2023
Pertama Kali dalam Sejarah, Fluminense Juara Copa Libertadores
Fluminense juara Copa Libertadores 2023 (Twitter)

BolaSkor.com - Sejarah baru terukir di stadion bersejarah Brasil yang berlokasi di Rio de Janeiro, Stadion Maracana. Untuk kali pertama dalam sejarah turnamen, Copa Libertadores, Fluminense memenanginya.

Di depan fans mereka, di ranah Brasil, Fluminense mengalahkan tim tradisional dari Argentina, Boca Juniors, Minggu (05/11) dini hari WIB. Fluminense menang 2-1 pada laga yang diwarnai drama dua kartu merah.

Penyerang veteran dari Argentina, German Cano, membuka keunggulan Fluminense di menit 36 dan bertahan hingga turun minum. Pada menit 72 Luis Advincula membalasnya untuk Boca Juniors dan kedudukan 1-1 bertahan 90 menit laga berakhir.

Pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan dan pada momen tersebut tensi laga memanas, terbukti dengan dua kartu merah yang diterima pemain di masing-masing tim. Frank Fabra untuk Boca dan John Kennedy untuk Fluminense.

Baca Juga:

Legenda Manchester United dan Inggris Sir Bobby Charlton Wafat

AC Milan Bantah Tahu Sandro Tonali Kecanduan Judi

Zlatan Ibrahimovic Semakin Dekat Kembali ke Milan

Gol penentu kemenangan John Kennedy ke gawang Boca Juniors (Twitter)

Akan tapi sebelum Kennedy menerima kartu merah, ia menjadi pahlawan bagi Fluminense dengan golnya di menit 99. Menerima assist dari Cano, Kennedy melepaskan tendangan keras yang tak dapat dibendung kiper.

Fluminense mempertahankan keunggulan mati-matian dan berhasil melakukannya sampai laga bubar. Tim berjuluk Tricolor memenangi Copa Libertadores untuk kali pertama dalam sejarah di bawah arahan Fernando Diniz.

Pemain Fluminense yang juga legenda Real Madrid, Marcelo, menambah koleksi trofinya setelah sukses besar bersama Los Blancos (meraih 25 trofi).

"Selamat kepada legenda kami, Marcelona, dengan keberhasilan memenangi titel Copa Libertadores dengan Fluminense," demikian pernyataan dari Madrid.

Keberhasilan Fluminense jadi juara Copa Libertadores memastikan dominasi klub-klub Brasil, sebab itu jadi kemenangan kelima beruntun tim Negeri Samba di final Copa Libertadores setelah Flamengo dan Palmeiras dua kali memenanginya.

Susunan Pemain:

Boca Juniors (4-4-2): Sergio Romero; Frank Fabra, Nicolas Valentini, Jorge Figal (Bruno Valdez 113'), Luis Advincula; Valentin Barco (Luca Langoni 78'), Ezequiel Fernandez (Marcelo Saracchi 106'), Pol Fernandez, Cristian Medina (Vicente Taborda 106'); Miguel Merentiel (Lucas Janson 91'), Edinson Cavani (Dario Benedetto 78')

Pelatih: Jorge Almiron

Fluminense (4-2-3-1): Fabio; Marcelo (Diogo Barbosa 80'), Felipe Melo (Marlon 52'), Nino, Samuel Xavier (Guga 85'); Andre, Matheus Martinelli (Lima 80'); Keno (David Braz 103'), Ganso (John Kennedy 80'), Jhon Arias; German Cano.

Pelatih: Fernando Diniz

Copa Libertadores Fluminense Boca Juniors
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan