Piala Asia U-23 2024

Persija dan Borneo FC Keberatan Lepas Pemain ke Timnas U-23, Erick Thohir Bandingkan dengan Suwon FC

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 21 Februari 2024
Persija dan Borneo FC Keberatan Lepas Pemain ke Timnas U-23, Erick Thohir Bandingkan dengan Suwon FC
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir merespons sikap dari Persija Jakarta dan Borneo FC Samarinda yang keberatan melepas para pemainnya ke skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang.

Kedua tim tersebut menolak memberikan pemainnya karena sedang bersaing memperebutkan peringkat empat besar, sebagai syarat lolos ke championship series Liga 1 musim 2023/2024.

Persija saat ini menempati posisi sembilan dengan 32 poin, terpaut sembilan angka dari Bali United di posisi empat. Sedangkan, Borneo FC menempati peringkat pertama dengan 54 poin.

Dengan situasi Piala Asia U-23 bergulir bersamaan dengan Liga 1, Persija dan Borneo FC menjadi keberatan melepas pemainnya. Setidaknya mereka akan absen mulai dari pekan ke-31 (1 April), atau satu hari setelah pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab, berlangsung.

Dari kubu Persija, ada lima pemain yang berpotensi dipanggil, di antaranya Muhammad Ferarri (20 tahun), Rizky Ridho (22), Ilham Rio Fahmi (22), Dony Tri Pamungkas (19) dan Muhammad Rayhan Hannan (19).

Baca Juga:

Piala Asia U-23 2024 Bentrok dengan Liga 1, Dewa United FC Sebut Harus Ada Jalan Tengah

Erick Thohir Berharap Dua Senjata Rahasia Timnas Indonesia Bisa Tampil Lawan Vietnam

Sedangkan dari Borneo FC Samarinda, ada empat nama yang berpeluang masuk skuad Timnas Indonesia U-23, yakni Daffa Fasya (19), Fajar Fathurrahman (21), Komang Teguh (21) dan Taufany Muslihuddin (21).

"Saya yakin ada jalan, bahwa pasti semua baik-baik saja," kata Erick Thohir.

Erick Thohir mengatakan PSSI sangat terbuka untuk membangun komunikasi dengan klub terkait persoalan ini. Tapi, Erick meminta kepentingan tim nasional lebih diutamakan.

"Kalau semua mau legowo, semua mau memprioritaskan, apakah merah putih atau kelompok, pasti nanti kami juga bicara."

"Tentu ketika ada klub yang mendukung tim nasional, fleksibilitas liga akan kami bicarakan, karena tidak mungkin liga besar tanpa tim nasional," ujarnya.

Erick kemudian membandingkan sikap Persija dan Borneo FC dengan klub baru Pratama Arhan, Suwon FC. Klub yang berkompetisi di J League 1 itu melalui pelatihnya, Kim Eun-joong, menyatakan tidak keberatan melepas Arhan ke Piala Asia U-23 2024, meski turnamen tersebut tidak termasuk dalam kalender FIFA, sehingga klub tidak wajib memberikan pemainnya ke tim nasional.

"Ya kalau memang Suwon FC sebagai klub yang bukan dari Indonesia saja mendukung timnas, apalagi klub Indonesia."

"Pasti ada jalan keluar," tutur mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Timnas indonesia u-23 Persija jakarta Borneo FC Erick thohir Suwon fc Pratama Arhan Alif Liga 1 Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.470

Bagikan