Pep Guardiola Ungkap Kekaguman kepada Xabi Alonso, Kandidat Pelatih Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 Februari 2024
Pep Guardiola Ungkap Kekaguman kepada Xabi Alonso, Kandidat Pelatih Liverpool
Xabi Alonso dan Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - 33 laga tak pernah kalah di seluruh kompetisi, imbang empat kali, dan menang 29 kali. Itulah rekor yang ditorehkan Bayer Leverkusen-nya Xabi Alonso pada musim 2023-2024, klub juga bertarung merebutkan titel Bundesliga dan Liga Europa.

Menilik catatan impresif pelatih asal Spanyol tersebut, namanya langsung dikaitkan dengan klub-klub Eropa yang akan ditinggal pelatihnya di akhir musim ini, Liverpool (Jurgen Klopp) dan Bayern Munchen (Thomas Tuchel).

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, juga melihat sepak terjang koleganya tersebut. Ia tak menanggapi jauh rumor Alonso menggantikan Klopp di Liverpool, tetapi Guardiola tak menutupi kekagumannya kepada eks pemain Liverpool dan Real Madrid tersebut.

Baca Juga:

Badai Cedera Pemain Terjang Liverpool Jelang Laga-laga Penting pada Akhir Februari

Cole Palmer dan 5 Pemain Manchester City yang Menyeberang ke Chelsea

3 Calon Pengganti Mauricio Pochettino jika Dipecat Chelsea

"Itu (Alonso menggantikan Klopp) pertanyaan untuk Liverpool, dan tentu saja saya tidak akan menjawabnya, karena saya tidak tahu ide yang mereka miliki," terang Guardiola dikutip dari Mirror.

"Tetapi jika Anda bertanya kepada saya tentang pekerjaan yang dia lakukan, sejujurnya? Wow! Ini adalah satu-satunya tim di sepak bola modern yang tidak terkalahkan di semua kompetisi, dan bertarung dengan cara yang sama dengan Bayern Munchen di sana."

"Sekarang mereka memiliki bagian terpenting musim ini bagi mereka. Sekarang mereka berada dalam posisi tidak bisa menjuarai Bundesliga, mereka bisa kehilangan Bundesliga karena semua orang berpikir itu sudah selesai. Dan sekarang adalah hal tersulit; itu belum selesai sampai selesai."

"Tapi wow, bukan hanya cara mereka bermain, mereka tidak kalah satu kali pun di Liga Europa, di (DFB) Pokal di Jerman, dan Bundesliga, dan cara mereka bermain, jadi saya sangat beruntung memilikinya selama satu setengah tahun, dua tahun dan dia adalah pemain yang cerdas, sangat cerdas."

Guardiola sempat melatih Alonso di Bayern dan ia sudah memprediksi mantan anak asuhnya itu memiliki potensi jadi pelatih. Guardiola melihatnya karena posisi Alonso sebagai gelandang bertahan.

"Pada saat itu? Ya – ada gelandang bertahan, mereka mengajukan pertanyaan kepada Anda dan betapa penasarannya mereka dengan permainan ini," imbuh Guardiola.

"Anda menyadari bahwa orang ini, jika dia akan pensiun dan berada di rumah dan akan merasa kesal dan tidak melakukan apa-apa, dan berkata, 'Oke, saya akan kembali ke bisnis saya di dunia sepak bola'."

"Dan normalnya gelandang bertahan sepertinya, (Javier) Mascherano, (Sergio) Busquets – gelandang bertahan. Saya punya Rodri, (Ilkay) Gundogan – mereka pasti akan terlibat dalam sepak bola karena mereka memiliki visi perspektif global yang berbeda."

"Dan dia adalah pemain kelas atas yang luar biasa. Jika tidak, Anda tidak bisa bermain untuk Liverpool, Madrid, dan setelah Bayern, dan menjadi bagian dari Real Sociedad, Anda tidak bisa bermain di tim-tim ini jika Anda bukan pemain kelas atas."

"Pemain yang cerdas, keterampilan dan sebagainya, dan lihat. Dia mengambil (banyak) keputusan bagus dan saya sangat bahagia untuknya, dia pantas mendapatkannya, dia pria yang baik dan menyenangkan," urainya.

Xabi Alonso Pep Guardiola Bayer Leverkusen Liverpool Bundesliga Bundesliga Jerman
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan