Penalti Mengubah Jalannya Pertandingan di Derby Manchester

Arief HadiArief Hadi - Senin, 30 Oktober 2023
Penalti Mengubah Jalannya Pertandingan di Derby Manchester
Paul Tierney melihat VAR di Derby Manchester (Twitter)

BolaSkor.com - Derby Manchester di pekan 10 Premier League berakhir dengan kekalahan untuk Manchester United. Red Devils kalah 0-3 di Old Trafford, Minggu (29/10) melawan rival sekota, Manchester City.

Dengan dominasi permainan sebesar 61 persen penguasaan bola, The Citizens melepaskan 21 tendangan (10 tepat sasaran), dan berakhir dengan tiga gol yang datang dari dua gol Erling Haaland (26' penalti, 49') dan Phil Foden (80').

Man City besutan Pep Guardiola sudah tujuh kali menang di Old Trafford, minus satu kemenangan atas Arsenal (delapan kali) pada catatan kemenangan tandang terbanyak menghadapi satu lawan di era Guardiola.

Man United seyogyanya bermain cukup baik pada 20 menit pertama. Solid dalam bertahan, Man United juga mengancam dari serangan balik sampai satu momen dinilai mengubah jalannya pertandingan, momen yang berujung gol penalti Haaland.

Baca Juga:

Legenda Manchester United dan Inggris Sir Bobby Charlton Wafat

Man United 0-3 Man City: Kemenangan Ketujuh The Citizens di Old Trafford

Sir Bobby Charlton dan 10 Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966

Momen kala Rasmus Hojlund dianggap menjatuhkan Rodri di kotak penalti (Twitter)

Wasit laga Paul Tierney menunjuk titik putih setelah melihat tayangan ulang VAR, di sana ia melihat pelanggaran Rasmus Hojlund yang menjatuhkan Rodri. VAR digunakan setelah laga berjalan beberapa menit.

Uniknya, momen seperti yang dilakukan Hojlund tersebut acapkali terjadi di Premier League dan Man United, dinilai pandit sepak bola Jamie Carragher, tidak beruntung dengan VAR.

"Saya tidak bilang itu bukan pelanggaran tapi ini terjadi terus-menerus, hampir di setiap pertandingan dan Anda tidak akan melihat penalti diberikan untuk itu," terang Carragher di Sky Sports.

"Jadi saya sedikit bersimpati pada Manchester United karena setiap tim bisa menunjukkan insiden seperti ini di mana mereka merasa seperti itu, mereka seharusnya mendapatkan penalti."

"Ya, (Hojlund) bingung dan dia panik dan lengan kirinya keluar. Seperti semuanya, terlihat jauh lebih buruk dalam gerakan lambat. Ketika Anda menontonnya secara langsung, seperti apa yang telah terjadi."

Bek Man United, Jonny Evans, juga melihat apa yang dilakukan Hojlund itu bukan kali ini saja terjadi dan juga terjadi di momen lainnya di Premier League.

"Ini mengecewakan (keputusan penalti). Anda sering melihatnya di dalam kotak penalti dan saya rasa Rasmus tidak memegang kausnya," tambah Evans.

"Dia mempunyai satu tangan di atasnya, yang Anda lihat sering dilakukan oleh pemain bertahan. Pada momen itu sampai harus dilihat dengan VAR dan ditempatkan pada posisi, di mana dia diberitahu bahwa dia telah melakukan kesalahan yang jelas dan nyata, wasit berada dalam posisi yang sulit dan dia hampir harus memberikannya."

"Saya agak bingung dengan hal itu dan saya pikir semuanya juga sama di babak pertama."

Erik ten Hag, pelatih Man United, tak mau mengomentari kinerja wasit dan VAR selepas momen tersebut. Tapi ia mengakui penalti mengubah pertandingan.

"Penalti mengubah permainan. Saya tidak punya komentar mengenai itu. Saya tidak punya komentar. Ya (saya melihatnya) tapi tidak ada komentar," pungkas Ten Hag.

Manchester United Manchester City Derby Manchester Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan