Pemain Johor Darul Ta'zim Siap Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 06 Desember 2021
Pemain Johor Darul Ta'zim Siap Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020
Syahrian Abimanyu dalam sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Bukit Gombak, Singapura. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia berangkat ke Piala AFF 2020 dengan beban target menjadi juara untuk pertama kali. Nada optimisme pun datang dari salah satu penggawa Skuat Garuda, Syahrian Abimanyu.

Pemain Johor Darul Ta'zim tersebut yakin bisa mewujudkan target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2020. Selain target PSSI, menjadi juara di turnamen paling akbar se-Asia Tenggara itu merupakan harapan dari publik pencinta sepak bola Indonesia.

"Kami masih mempersiapkan yang terbaik dan ikut arahan pelatih. Kalau untuk target pribadi tentunya bisa membantu Indonesia mencapai final dan juara," kata Syahrian Abimanyu, dikutip dari laman PSSI.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Gelar Game Internal Jelang Hadapi Kamboja

PSSI dan LIB Uji Coba Kehadiran Penonton saat Delapan Besar Liga 2

Sepanjang 13 kali keikutsertaan di Piala AFF, Timnas Indonesia mampu mencapai partai final sebanyak lima kali. Namun, di lima kesempatan itu tim Merah-Putih selalu gagal.

Final pertama Timnas Indonesia terjadi pada Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger) tahun 2000. Dalam partai final yang digelar di Thailand, Indonesia kalah oleh tuan rumah dengan skor 4-1.

Dua tahun berikutnya, Timnas Indonesia kembali melenggang ke partai final untuk lagi-lagi bertemu Thailand. Namun sangat disayangkan Timnas Indonesia gagal melakukan revans di depan publik sendiri yang memadati Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, setelah kalah dalam babak adu penalti dengan skor 2-4 (2-2).

Timnas Indonesia kembali lolos ke partai final pada edisi Piala AFF 2004 setelah tampil heroik dengan menyingkirkan Malaysia di semifinal. Namun, Boaz Solossa dkk. ketika itu gagal untuk ketiga kalinya secara beruntun setelah dikalahkan Singapura dengan agregat 5-2.

Skuat Garuda juga melangkah ke laga puncak di Piala AFF 2010 dan 2016. Namun, lagi-lagi Indonesia harus gigit jari.

Di Piala AFF 2010, Timnas Indonesia kalah oleh Malaysia dengan agregat 4-2. Sementara di Piala AFF 2016, Thailand kembali jadi batu sandungan tim Merah-Putih.

Pada perhelatan Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup B. Syahrian Abimanyu dkk. satu grup dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Timnas Indonesia Johor Darul Ta'zim Syahrian Abimanyu PSSI Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan