Pemain Inggris Pertama Senilai 1 Juta Poundsterling, Trevor Francis Meninggal Dunia

Arief HadiArief Hadi - Senin, 24 Juli 2023
Pemain Inggris Pertama Senilai 1 Juta Poundsterling, Trevor Francis Meninggal Dunia
Trevor Francis (Twitter)

BolaSkor.com - Kabar duka datang dari sepak bola Inggris. Legenda Nottingham Forest, Trevor Francis, meninggal dunia pada usia 69 tahun. Francis meninggal di apartemennya yang berlokasi di Spanyol karena serangan jantung.

"Trevor Francis telah meninggal pada usia 69 tahun. Dia mengalami serangan jantung di apartemennya di Spanyol pagi ini," demikian pernyataan dari keluarga, seperti dilansir dari Dailymail.

"Atas nama keluarga, ini menjadi kejutan besar bagi semua orang. Kami semua sangat sedih. Dia adalah pesepak bola legendaris tapi dia juga orang yang sangat baik."

Ucapan duka juga datang dari dua legenda sepak bola Inggris, Gary Lineker dan Peter Shilton.

Baca Juga:

Direktur Inter Akui Tawaran Manchester United untuk Andre Onana Terlalu Rendah

Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe Masih Mau Beli Manchester United

Erik Ten Hag Klaim Manchester United Bisa Kalahkan Tim Mana Pun

"Sangat sedih mendengar bahwa Trevor Francis telah meninggal. Pesepak bola yang luar biasa dan pria yang baik. Senang bekerja bersamanya baik di lapangan maupun di televisi. RIP Trevor," papar Lineker.

"Saya benar-benar terpukul mendengar tentang rekan setim lama saya Trevor Francis, pria yang luar biasa, teman, dan kehilangan yang besar," tambah Shilton.

Trevor Francis mewarnai sepak bola Inggris pada medio 1980-an hingga awal 1990-an. Berposisi sebagai penyerang, Francis punya reputasi terkenal hingga klimaks dari pencapaiannya terjadi bersama Nottingham besutan Brian Clough.

Di sana, Francis memenangi dua titel European Cup atau format lama Liga Champions. Kala ia pindah ke Nottingham dari Birmingham pada 1979 itulah rekor tercipta.

Francis menjadi pemain pertama sepanjang masa Inggris yang ditransfer dengan banderol 1 juta poundsterling. Francis meninggalkan Birmingham dengan catatan 118 gol dari 280 pertandingan.

Sebelum Francis, Giuseppe Savoldi merupakan pemain satu juta poundsterling pertama saat ia pergi dari Bologna ke Napoli pada 1975. Francis juga pernah membela Manchester City, Sampdoria, Atalanta, Rangers dalam kariernya.

Pasca pensiun pada 1994, pengemas 52 caps dan 12 gol dengan timnas Inggris itu banting setir jadi pelatih. Di antara klub-klub yang pernah dilatihnya seperti Queens Park Rangers, Sheffield Wednesday, Birmingham City, dan Crystal Palace.

Inggris Nottingham forest
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan