Pemain Diaspora Tak Dijamin Lolos Seleksi Timnas Indonesia U-17

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 15 Juli 2023
Pemain Diaspora Tak Dijamin Lolos Seleksi Timnas Indonesia U-17
Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jakarta. (PSSI)

BolaSkor.com - Para pemain diaspora tidak mendapat jaminan untuk lolos seleksi Timnas Indonesia U-17. Penilaian dilakukan secara objektif.

Pemain diaspora adalah pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia atau pemain Indonesia yang menetap di luar negeri. Ada enam pemain diaspora yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan atau TC Timnas U-17 di Jakarta.

Keenam pemain diaspora itu di antaranya Welberlieskott de Halim Jardim, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang. Namun, Jardim belum bergabung.

Kualitas para pemain tersebut akan dipantau dan dinilai langsung oleh pelatih Timnas U-17, Bima Sakti dalam pemusatan latihan atau TC di Jakarta. Jika dinilai tidak memenuhi kriteria, mereka terancam dicoret.

"Kalau memang itu bagus, kita pakai. Kalau enggak layak, kita kembalikan lagi," kata Kepala Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, di Lapangan A Senayan, Jakarta, Sabtu (15/7).

Baca Juga:

Melihat Asal Usul 6 Pemain Diaspora di TC Timnas Indonesia U-17

Senang Turut Dipantau Presiden Jokowi, Bima Sakti Bicara soal Seleksi Timnas U-17 di Bandung

Pembentukan skuat Timnas Indonesia U-17 kali ini memang dilakukan dengan sangat selektif. Selain TC di Jakarta, PSSI juga melakukan seleksi terbuka di 12 Kota dengan menggandeng Asprov.

Nantinya para pemain yang terpilih akan dibawa ke Jakarta pada akhir Juli atau awal Agustus. Mereka digabungkan menjadi satu tim dengan pemain yang dipanggil ke TC di Jakarta.

Dalam TC di Jakarta, Bima Sakti juga menerapkan sistem promosi dan degradasi pada setiap pekannya. Ini dilakukan supaya memberikan kesempatan kepada para pemain lain yang belum mendapat panggilan.

"Sehingga nanti akan terpilih 40 anak yang betul-betul siap untuk kita bawa ke pemusatan latihan di Jerman dan Qatar," ujar Sumardji.

Timnas Indonesia U-17 Tc timnas Sumardji Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan