Pemain dan Ofisial Timnas U-22 Disanksi oleh AFC, PSSI Akan Banding

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 15 Juli 2023
Pemain dan Ofisial Timnas U-22 Disanksi oleh AFC, PSSI Akan Banding
Sumardji saat memberikan keterangan kepada awak media di Lapangan A Senayan, Jakarta, Sabtu (15/7). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Kepala Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji mengatakan PSSI akan mengajukan banding terkait sanksi yang dijatuhkan AFC kepada sejumlah pemain dan ofisial Timnas Indonesia U-22. Sanksi itu merupakan buntut dari keributan yang terjadi saat final SEA Games 2023.

"Sanksi yang di SEA Games, nanti kita akan banding karena ada beberapa ofisial yang semestinya tidak terlibat. Contohnya kayak Sahari (Gultom). Dia enggak terlibat sama sekali, tetapi kenapa dikenakan sanksi. Ini yang sedang kita ajukan untuk banding," kata Sumardji usai meninjau pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Lapangan A Senayan, Jakarta, Sabtu (15/7) pagi.

Sementara itu, untuk sanksi yang berupa denda, Sumardji mengatakan bahwa itu akan menjadi tanggung jawab dari PSSI. Dalam dokumen banding, PSSI juga akan meminta kejelasan dari AFC, apakah hukuman tersebut berlaku di seluruh tingkatan tim nasional atau terbatas di Timnas U-22 saja.

"PSSI semuanya (yang bayar). (Terkait detail sanksi), akan kita tanyakan. Yang memang tidak terlibat itu akan kita ajukan banding," tutur Sumardji yang juga menjabat sebagai manajer Timnas Indonesia dan anggota Komite Eksekutif (Exco).

Sementara itu, pelatih kiper Timnas Indonesia U-22, Sahari Gultom, heran dengan sanksi yang dijatuhkan kepadanya. Dia merasa tidak melakukan kesalahan.

"Akan kita banding. Orang yang makan nangka, kok awak (saya) yang kena getahnya," ucap Sahari.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga pemain Timnas Indonesia U-22, yakni Titan Agung Bagus Fawwazi, Komang Teguh, dan Taufany Muslihuddin dijatuhi sanksi oleh AFC. Hukuman juga diberikan kepada tiga ofisial Timnas U-22, Tegar Diokta, Ahmad Nizar, Toid Sarnadi. Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Sahari Gultom juga tak luput dari sanksi. Hukuman ini buntut dari keributan yang terjadi saat final sepak bola SEA Games 2023.

Baca Juga:

Buntut Adu Jotos Final SEA Games 2023, AFC Jatuhkan Sanksi kepada Pemain-Ofisial Timnas U-22

Melihat Asal Usul 6 Pemain Diaspora di TC Timnas Indonesia U-17

Titan Agung, Komang Teguh, Tegar Diokta, dan Sahari Gultom dikenai sanksi larangan 6 pertandingan internasional dan denda sebesar 1.000 dolar AS atau sekitar Rp14,9 juta. Keduanya melakukan pelanggaran serius terhadap Pasal 47 dan 38.2.4 Kode Disiplin dan Etik AFC.

Sedangkan Taufany, Ahmad Nizar, dan Muhni disanksi skors enam pertandingan internasional. Ketiganya dikenai sanksi mengacu pasal 51 Kode Disiplin dan Etik AFC yang berkaitan dengan keributan dalam pertandingan.

Dari kubu Thailand, AFC menjatuhkan sanksi kepada 2 pemain dan 5 ofisial. Dua pemain itu adalah Soponwit Rakyart dan Chayapipat Supunpasuc. Sedangkan 5 ofisial yang termasuk staf pelatih, yaitu Pattarawut Wongsriphuek, Mayeid Mad-Adam, Purachet Todsanit, Thirapak Pruangna, Bamrung Boonprom.

Semuanya dilarang mengikuti enam pertandingan tingkat AFC. Khusus Soponwit Rakyart, Wongsriphuek, dan Mayeid dijatuhi denda 1.000 dolar AS atau sekitar Rp14,9 juta.

Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) juga mendapat sanksi denda 10.000 dolar AS atau hampir Rp150 juta. Walhasil, semua yang terkena hukuman tidak dapat berpartisipasi dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada September 2023 mendatang.

Timnas Indonesia U-22 Afc Sumardji Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.488

Bagikan