Buntut Adu Jotos Final SEA Games 2023, AFC Jatuhkan Sanksi kepada Pemain-Ofisial Timnas U-22

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 13 Juli 2023
Buntut Adu Jotos Final SEA Games 2023, AFC Jatuhkan Sanksi kepada Pemain-Ofisial Timnas U-22
Selebrasi Ramadhan Sananta usai bobol gawang Thailand. (NOC/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC, menjatuhkan sanksi kepada pemain dan ofisial Timnas Indonesia U-22 serta Thailand U-22. Ini buntut adu jotos di final SEA Games 2023 pada Mei 2023 lalu.

Seperti diketahui, kedua tim terlibat adu jotos saat pertandingan akan berakhir di waktu normal. Hasilnya, TImnas Indonesia U-22 menang 5-2 atas Thailand.

Dalam laporan resmi AFC yang diterima BolaSkor.com, ada tiga pemain Timnas Indonesia U-22 yang terkena hukuman, yakni Titan Agung Bagus Fawwazi, Komang Teguh, Taufany Muslihuddin. Lalu tiga ofisial, yakni Tegar Diokta, Ahmad Nizar, Toid Sarnadi. Ditambah asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Sahari Gultom.

Baca Juga:

Timnas U-17 Jalani Psikotes, Bima Sakti Ungkap Manfaatnya

Rangkaian Seleksi TC Timnas U-17 Dimulai, Pemain Jalani Tes Kesehatan

Titan Agung, Komang Teguh, Tegar Diokta, dan Sahari Gultom dikenai sanksi larangan 6 pertandingan internasional dan denda sebesar 1.000 dolar AS atau sekitar Rp14,9 juta. Keduanya melakukan pelanggaran serius terhadap Pasal 47 dan 38.2.4 Kode Disiplin dan Etik AFC.

Sedangkan Taufany, Ahmad Nizar, dan Muhni disanksi skors enam pertandingan internasional. Ketiganya dikenai sanksi mengacu pasal 51 Kode Disiplin dan Etik AFC yang berkaitan dengan keributan dalam pertandingan.

Dari kubu Thailand, AFC menjatuhkan sanksi kepada 2 pemain dan 5 ofisial. Dua pemain itu adalah Soponwit Rakyart dan Chayapipat Supunpasuc. Sedangkan 5 ofisial yang termasuk staf pelatih, yaitu Pattarawut Wongsriphuek, Mayeid Mad-Adam, Purachet Todsanit, Thirapak Pruangna, Bamrung Boonprom.

Semuanya dilarang mengikuti 6 pertandingan tingkat AFC. Khusus Soponwit Rakyart, Wongsriphuek, dan Mayeid dijatuhi denda 1.000 dolar AS atau sekitar Rp14,9 juta.

Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) juga mendapat sanksi denda 10.000 dolar AS atau hampir Rp150 juta.

Alhasil, semua yang terkena hukuman tidak dapat berpartisipasi dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada September 2023 mendatang.

Timnas Indonesia U-22 Thailand SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News Afc
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.173

Bagikan