Timnas Indonesia

Peluang Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Tampil Lawan Vietnam Kecil

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 09 Maret 2024
Peluang Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Tampil Lawan Vietnam Kecil
Thom Haye. (Instagram)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir merasa peluang Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes untuk bermain saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam sangat kecil.

Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 21 dan 26 Maret.

Skuad Garuda akan terlebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, sebelum kemudian bertandang ke Stadion Nasional My Dinh di Hanoi.

Untuk dua laga tersebut, Erick Thohir tidak yakin Timnas Indonesia bisa diperkuat oleh Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes.

Meski DPR-RI sudah menyetujui ketiga pemain tersebut diberikan kewarganegaraan Indonesia, tetapi masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Setelah proses di DPR selesai, ketiga pemain tersebut menunggu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keppres (Keputusan Presiden) terkait permohonan pemberian pewarganegaraan Indonesia untuk mereka.

Baca Juga:

Nathan Tjoe-A-On Dijadwalkan Ambil Sumpah sebagai WNI Awal Pekan Depan

Komisi III serta X DPR-RI Setujui Naturalisasi Ragnar Oratmangoen, Thom Haye dan Maarten Paes

Selanjutnya Thom Haye dan kawan-kawan menunggu jadwal pengambilan sumpah pewarganegaraan yang akan dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Kami sedang menunggu surat dari DPR kepada bapak presiden, nanti dari situ pak presiden mengeluarkan surat persetujuan supaya pemain ini bisa mengangkat sumpah dan dapat KTP (Kartu Tanda Penduduk) serta paspor," kata Erick Thohir.

"Proses ini masih berjalan, jadi jangan dipikir ketika kemarin proses (di DPR) sudah baik, kemudian Thom Haye dan Ragnar bisa main (saat menghadapi Vietnam)," tambahnya.

Erick menjelaskan bahwa kecilnya peluang para pemain tersebut bermain melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret karena deadline atau batas akhir pendaftaran pemain untuk partai tersebut pada 13 Maret.

Sebab, meskipun sudah mempunyai paspor Indonesia, Ragnar dkk. masih harus melakukan perubahan asosiasi dari federasi negara sebelumnya ke PSSI. Proses itu, kata Erick, tidak sebentar.

"Tapi kalau bisa tanggal 13 Maret mereka angkat sumpah, sehingga bisa kami register ke FIFA," ucap Erick Thohir.

Pada awal pekan nanti, satu pemain yang sudah dijadwalkan akan mengambil sumpah setia pewarganegaraan adalah Nathan Tjoe-A-On. Pemain SC Heerenveen itu seharusnya menjalani proses tersebut pada 28 Desember 2023 bersama Jay Idzes.

Namun, pada akhirnya waktu itu hanya Jay Idzes yang bisa memenuhi undangan. Nathan tidak diizinkan ke Jakarta oleh klubnya pada saat itu, yakni Swansea City.

"Justru yang potensial main sekarang Nathan," ucap lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Vietnam Timnas Indonesia Timnas vietnam Thom Haye Ragnar Oratmangoen Maarten Paes Nathan Tjoe-A-On Pssi Erick thohir Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.384

Bagikan