Pelatihan VAR untuk Wasit Liga 1 dan Liga 2 Bisa Capai 6 Bulan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 08 Juli 2023
Pelatihan VAR untuk Wasit Liga 1 dan Liga 2 Bisa Capai 6 Bulan
Waketum PSSI Ratu Tisha Destria didampingi Erick Thohir ketika memberikan keterangan soal VAR Education ke awak media. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mulai menggelar pelatihan VAR atau VAR Education terhadap para wasit. Pelatihan ini rencananya dilakukan selama enam bulan ke depan.

Untuk tahap pertama yang berlangsung pada 5-7 Juli di Jakarta, ada 42 wasit yang ikut pelatihan. Mereka terdiri dari 18 wasit Liga 1 dan 24 wasit yang bertugas di Liga 2.

Banyak materi dalam agenda tersebut. Seperti VAR Protokol Basics, Var New Way to Decide, VAR Line, Intervention Challenges, Intervention Hand Ball, hingga Intervention Fouls. Beragam materi itu dijelaskan selama dua hari oleh VAR Lead Instructure dari FIFA, Subkhidin.

"Pelatihan ini jangka waktunya bisa sampai 6 bulan. Ini adalah yang pertama. Di sini akan ada dua pelatihan, untuk VAR training dan pelatihan untuk referee assessor. Pelatihan ini akan dilakukan berkesinambungan dalam jangka waktu satu semester ke depan," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria.

Baca Juga:

Erick Thohir Ingin Pastikan Wasit Kompeten Pimpin Pertandingan

Termasuk JIS, PSSI Usulkan 8 Stadion ke FIFA untuk Piala Dunia U-17 2023

Namun, saat ditanya kapan kira-kira VAR ini bisa diterapkan di Liga 1 maupun LIga 2, Tisha mengatakan PSSI dan PT LIB menunggu penilaian FIFA. Namun, PSSI dan PT LIB menjadwalkan uji coba VAR pada Februari 2024.

"Kita akan menunggu penilaian dari FIFA, karena langsung datang dari FIFA VAR Educator untuk mereka menentukan nanti berapa tahap training yang dibutuhkan sampai dengan satu semester ke depan," ujar Tisha.

Tisha mengatakan ada dua tantangan terbesar dalam pelatihan VAR ini. Pertama soal intensitas dan kedua adalah frekuensi latihannya.

"Maka dari itu materinya pun kita sesuaikan untuk refreshment terlebih dulu," ucapnya.

Pssi Ratu Tisha Destria Liga 1 Liga 2 VAR Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan